Nasional

Rabu, 2 Desember 2020 - 16:00 WIB

5 bulan yang lalu

Program KUBE di Pandeglang, Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pra Sejahtera

TBOnline [PANDEGLANG] — Hadirnya program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan wujud hadirnya pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat pra sejahtera.

Masyarakat pra sejahtera yang memiliki usaha, bisa mendapatkan bantuan permodalan untuk mengembangkan usahanya.“Program KUBE tahun 2020, digulirkan untuk penanganan ekonomi masyarakat pra sejahtera yang terdampak covid 19,” demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Nuriyah pada acara sosialisasi KUBE dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat pra sejahtera yang terdampak covid 19, di Pendopo Pandeglang, Rabu (02/12/2020).

Dikatakan Nuriyah, untuk tahun 2020 jumlah penerima KUBE sebanyak 123 kelompok dari 300 kelompok yang mendaftar.

“Jumlah ini hasil verifikasi administrasi dan lapangan, karena salah satu syarat penerima bantuan KUBE harus memiliki bidang usaha atau warung dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sesuai persyaratan,” jelasnya.Untuk sumber dana, Nuriyah menjelaskan, bantuan KUBE 2020 yang digulirkan bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) Kabupaten Pandeglang.

“DID ini merupakan apresiasi pemerintah pusat karena Pandeglang memiliki prestasi salah satunya mendapatkan WTP secara berturut -turut,” ujarnya.

Masih kata Nuriyah, setiap kelompok akan mendapatkan bantuan sebanyak 10 juta, dan masing – masing kelompok beranggotakan sebanyak 10 orang.

“Untuk memastikan penerima KUBE ini dapat mengelola usahanya dengan benar ada pendampingan yang dilakukan oleh pendamping KUBE,” tandasnya.

Nuriyah menambahkan, program KUBE ini bisa menjadi solusi dalam penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT).

“Secara aturan para agen yang menyalurkan BNPT ini hanya 300 KPM, jika ada 400 KPM yang ditangani oleh agen, sisanya 100 bisa dialihkan oleh KUBE dengan kriteria yang sudah ditetapkan,” pungkasnya.“Sehingga Pandeglang tidak hanya menggunakan agen e-warong untuk program BPNT, akan tetapi ada juga KUBE sebanyak 123 kelompok,” tutup Nuriyah

Sementara, Pelaksana Jabatan Sementara (Pjs) Bupati Pandeglang Gunawan Rusminto mengatakan, para penerima program KUBE ini bisa terus mengembangkan usahanya. Dengan dukungan permodalan ini, kata dia, diharapkan bisa membantu kelangsungan usaha ditengah pandemi covid 19.

“Disini pemerintah hadir memberikan dukungan kepada masyarakat untuk kelangsungan usaha agar bisa terus berjalan,” ujarnya.

Naskah & Foto : Humas Pemkab Pandeglang

Editor : TBO

Artikel ini telah dibaca 467 kali

Baca Lainnya