Bangka Belitung

Jumat, 22 Januari 2021 - 13:49 WIB

1 bulan yang lalu

Produksi KIP Melejit, Penyaluran Dana Kompensasi Bantu Warga di Situasi Pandemi

TBOnline [BANGKA BARAT] — Penyerahan buku rekening BRItAma dan pencairan dana kompensasi KIP yang beroperasi di wilayah Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok-Bangka Barat, digelar hari ini, Jum’at (22/01/2021) di Lapangan Sepakbola Dusun 7 Pahit Jaya.

Pantauan TBO, terlihat antusiasme warga Dusun 5,6 dan 7 dalam penyaluran buku rekening dan penarikan tunai dana ini.“Dana kompensasi KIP ini sangat membantu kelangsungan hidup warga,  apalagi di musim pandemi COVID 19 saat ini, adanya pengoperasian KIP di wilayah kami manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat Belo Laut,” ujar salah seorang warga di lokasi.Funding Officer BRI KCP Muntok, Rian, menjelaskan pada hari ini dilaksanakan pembagian buku rekening dan langsung penarikan tunai, karena untuk Kartu ATM belum didistribusikan dari kantor pusat.“Jadi nanti ketika kartu ATM sudah diterima, akan langsung kami serahkan kembali kepada warga, jadi bisa langsung tarik uang melalui ATM atau BRI Link, kedepannya kami berharap penyaluran dana bantuan ini, selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bapak ibu, mungkin bisa jadi tambahan modal buat usaha, atau pun yang sudah ada usaha karena jangkauan luas bisa mengajukan diri sebagai agen BRI Link, lumayan buat tambahan, kalau ada masyarakat yang mau narik tunai bisa lewat BRI Link karena kondisi mesin ATM yang jauh dan jumlahnya terbatas,” jelas Rian dihadapan warga penerima kompensasi.

Terkait jumlah dana kompensasi, Kabag Waskip Babar Sugarta mengungkapkan pada periode Januari 2021 ini terdapat kenaikan jumlah produksi dibanding Desember 2020.

“Alhamdulillah, prediksi kita akan ada kenaikan produksi disini, angka rill nya per tanggal 20 untuk dana kompensasi masyarakat, pembangunan desa serta nelayan, menurut perhitungan kita sudah terkumpul sekitar Rp930 an juta, sementara di Desember 2020 kemarin sekitar Rp870 an juta, brarti ada kenaikan persentase dari hasil produksi,” kata Sugarta.

Ia berharap dana kompensasi KIP kepada masyarakat ini terus bertambah, seiring kelancaran aktivitas KIP dan meningkatnya jumlah produksi.Sementara, pihak Kejari Bangka Barat yang hadir dalam kegiatan ini menyatakan harapan dalam penyaluran dana kompensasi KIP ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di masa pandemi COVID19 ini.

“Apabila terdapat hal yang perlu didiskusikan, pihak Kejari Bangka Barat sangat welcome, misalnya berkonsultasi untuk menciptakan suasana kondusif. Karena ini juga sebagai salah satu upaya dalam membantu program pemerintah di tengah kondisi seperti ini,” ungkapnya.

Ibnu, Kades Belo Laut berharap kedepannya situasi tetap kondusif dan warga bersyukur atas potensi yang ada di desa.Selain pihak PT. Timah melalui Waskip Bangka Barat dan Mitra KIP, kemudian pihak BRI KCP Muntok, hadir juga dalam kegiatan ini pihak Kejari Bangka Barat, Polres Bangka Barat, Camat Muntok, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta unsur pemerintah Desa Belo Laut. Fani Tamzona

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya