Berita Polisi

Rabu, 22 Desember 2021 - 07:39 WIB

1 bulan yang lalu

Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin bersama jajaran Sat Reskrim, saat menunjukan barang bukti yang turut diamankan dalam kasus penganiayaan dan pengeroyokan yang melibatkan anggota geng motor di wilayah hukum Sukabumi Kota (Foto : Hms)

Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin bersama jajaran Sat Reskrim, saat menunjukan barang bukti yang turut diamankan dalam kasus penganiayaan dan pengeroyokan yang melibatkan anggota geng motor di wilayah hukum Sukabumi Kota (Foto : Hms)

Polres Sukabumi Kota Ungkap Kasus Geng Motor dan Amankan 10 Tersangka

TBOnline [POLRES SUKABUMI KOTA] — Bertempat di Aula Graha Rekonfu Mapolres Sukabumi Kota, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Sukabumi, digelar konferensi pers terkait ungkap kasus penganiayaan dan pengeroyokan selama November hingga Desember 2021 yang melibatkan geng motor di wilayah hukum Kota Sukabumi, pada Rabu (21/12/2021).

Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin yang didampingi Kasatreskrim Iptu Yanto Sudiarto, Kanit Jatanras, KBO Reskrim dan Kasi Propam, menjelaskan jajaran Satreskrim Polres Sukabumi Kota telah berhasil mengungkap 5 kasus penganiayaan dan pengeroyokan yang melibatkan geng motor dan meresahkan masyarakat serta mengamankan 10 tersangka.

“Dari 5 kasus tersebut, terdapat 4 kasus yang pelakunya dapat diamankan anggota Satreskrim dalam waktu 1×24 jam. Ini dapat membuktikan keseriusan Polres Sukabumi Kota dalam mengantisipasi kemudian menindak tegas terhadap prilaku tindak pidana pengeroyokan dan penganiyaan yang menyebabkan orang luka,” kata kapolres.

Ditambahkannya, dari 5 kasus tersebut petugas berhasil mengamankan 10 tersangka yakni DA (18), AF (19), MDR (18), RS (18), PW (20), MAA (21), RPP (20), EAK (22), RJ (21) dan GAP (27), selain itu turut diamankan sejumlah barang bukti, diantaranya 6 bilah senjata tajam berbagai jenis serta 1 unit kendaraan roda dua.

“Pelaku yang diamankan ada yang kategori di bawah umur 20 tahun sebanyak 4 orang, lalu yang 20 tahun ke atas sebanyak 6 orang. Uniknya dari 5 kasus kejadian ini, ada 2 kejadian tidak memiliki motif, artinya mereka melakukan aktivitas pada dini hari dengan bergerombol kemudian menggunakan beberapa sepeda motor berkeliling di wilayah hukum Sukabumi Kota dengan membawa sajam,” jelas AKBP Zainal.

Untuk waktu kejadian, kata Zainal, di lihat dari polanya 4 kejadian berada di waktu dini hari, sementara 1 kejadian di malam hari sekitar pukul 19.00 Wib. Sedangkan untuk TKP, 2 kejadian di wilayah Citamiang, 2 di wilayah Gunung Puyuh dan 1 kejadian di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Dari 10 tersangka ini setelah dilakukan pemetaan, 9 orang diantaranya merupakan bagian dari geng motor. Ini perlu jadi perhatian kita semua dan ini membuktikan keseriusan personil Polres Sukabumi Kota khususnya Sat Reskim dalam mengungkap berbagai pidana yang berkenaan dengan geng motor,” tegas kapolres.

10 tersangka yang berhasil diamankan jajaran Sat Reskrim Polres Sukabumi Kota dalam kasus penganiayaan dan pengeroyokan yang melibatkan anggota geng motor di Sukabumi (Foto : Hms)

Untuk pasal yang dipersangkakan, yaitu Pasal 170 Ayat 1 dan 2 KUHP tentang pengeroyokan yang menyebabkan luka dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun sampai dengan 9 tahun dan atau Pasal 351 Ayat 2 KUHP tentang penganiyaan yang mengakibatkan korban luka berat dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Dihubungi terpisah, salah satu tokoh masyarakat yang juga Ketua Umum Laskar Fisabilillah Ustad Abi Kholil Assubki menyampaikan apresiasinya atas kinerja jajaran Polres Sukabumi Kota yang berhasil menangkap anggota geng motor dari 5 kasus dalam waktu 1 x24 jam. Menurut Abi Kholil hal ini sebagai bukti keseriusan Polres Sukabumi Kota dalam menindak aksi geng motor di Kota Sukabumi.

“Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Kapolres Sukabumi Kota, Kasat Reskrim dan Kanit Jatanras atas keberhasilannya dalam mengungkap aksi geng motor yang meresahkan ini dengan tempo yang cepat,” pungkasnya.

Naskah & Foto » Humas Polres Sukabumi Kota

Narasi » Nuryasin Anwar

Artikel ini telah dibaca 1055 kali

Baca Lainnya