Nasional

Selasa, 10 Agustus 2021 - 21:56 WIB

2 bulan yang lalu

PKTD Untuk Kesejahteraan Warga, Pemdes Sampanahan Hilir Buka Lahan Sawah di Lahan 20 Hektar

TBOnline [KOTABARU] — Desa Sampanahan Hilir, Kecamatan Sampanahan, Kabupaten Kotabaru, melaksanakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dengan membuka lahan untuk tanam padi sawah di atas lahan seluas 20 hektar untuk pemberdayaan dalam rangka memperbaiki perekonomian masyarakat Sampanahan Hilir (Sungai Nyamuk), Senin (09/08/2021).

Wahyu Ruci Sulaksono, Kades Sampanahan Hilir (Foto : Badrun/Tbo)

Kades Sampanahan Hilir Wahyu Ruci Sulaksono menyebutkan proses penanaman padi sawah ini dimulai dari pembersihan lahan, pembuatan tanggul, pembibitan hingga sampai musim tanam.

“Secara otomatis ini akan menyerap tenaga kerja,” ungkapnya.

Karena, lanjut Wahyu, potensi pembukaan sawah dalam program PKTD ni sangat besar untuk meningkatkan perekonomian warga, terutama di masa pandemi ini.

“Dengan area tanam seluas 20 hektar yang dianggarkan melalui DD sebesar Rp300 juta, PKTD tanam padi sawah ini merupakan awal sejak dianggarkan, harapan kita nantinya hasil nya dapat dirasakan warga masyarakat, tinggal bagaimana pengelolaan secara profesional,” kata Wahyu Ruci Sulaksono yang menambahkan pihaknya sudah menghitung rugi dan untung dalam program ini.Apalagi tanaman padi merupakan unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

“Jadi tidak usah menghitung 80%, sampai 50 atau 60% saja Alhamdulillah, apalagi 80%,” tambah nya.

Adapun lahan seluas 20 hektar ini adalah lahan masyarakat, tentu yang mempunyai lahan itu yang paling utama diperhatikan, disamping ikut mengerjakan dan juga hasil nyapun akan didapatkan.“Terkait kendala setiap usaha yang dijalankan tentu ada kendala, apalagi daerah pertanian (sawah) ini dekat dengan bantaran sungai, yang penting Pemdes Sampanahan Hilir sudah berusaha keras, agar semua kendala itu diminamilisir sekecil mungkin,” tutup Wahyu. Run

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya