Berita Daerah

Sabtu, 20 November 2021 - 13:06 WIB

2 bulan yang lalu

Pilkades Serentak Sungai Rebo, Berdasarkan Peraturan Bupati Panitia Tetapkan Pemungutan Suara Ulang

TBOnline [BANYUASIN] — Sudah 4 kali (periode) pemilihan kepala desa, baru terjadi pada pilkades serentak 17 November 2021, hasil pemilihan Calon Kepala Desa Sungai Rebo, Kecamatan Banyuasin 1, Kabupaten Banyuasin, dinyatakan imbang (draw).

Dari 5 kandidat Calon Kades, terdapat Dedy Arsady (Calon Nomor Urut 1) dengan Anwar Kohar (Calon Nomor Urut 5) yang masing-masing mendapat suara terbanyak 995 pemilih, maka sesuai dengan Peraturan Bupati Banyuasin No. 115 Tahun 2017 pada Pasal 87 Ayat 4 ‘Dalam hal jumlah calon kepala desa terpilih yang memperoleh suara terbanyak yang sama lebih dari satu calon, dengan cara pengambilan suara e-voting, maka penentuan pemenang berdasarkan jumlah pemilih terbanyak pada salah satu perangkat e-voting hasil suara pilkades’.Maka dalam Pilkades Sungai Rebo, terdapat bilik 4 dengan jumlah 455 pemilih (Dalam jumlah suara kedua calon kades sebagaimana tersebut pada Perbup No. 115/2017 adalah sama, yaitu 131 suara) maka berdasarkan aturan tersebut Panita Pilkades Sungai Rebo dapat memutuskan pemenang Pilkades dengan menyelenggarakan pemungutan suara ulang.

“Apabila di kemudian ada hal yang bertentangan dengan peraturan dan hukum diatas nya keputusan rapat ini dapat ditinjau kembali,” demikian bunyi notulen dan berita acara rapat Panitia Pilkades Sungai Rebo yang diperoleh TBO.Panitia berharap pemilihan kedua ini berjalan dengan aman dan lancar (kondusif). “Semoga Desa Sungai Rebo lebih maju lagi,” harap salah seorang panitia.  Alhideman

Artikel ini telah dibaca 2078 kali

Baca Lainnya