Berita Daerah

Sabtu, 18 Desember 2021 - 13:47 WIB

1 bulan yang lalu

Aan Suryadi, di tengah-tengah tanaman Porang yang ia budidayakan, berharap ada perhatian Dinas Pertanian Lebak (Foto : Tbo)

Aan Suryadi, di tengah-tengah tanaman Porang yang ia budidayakan, berharap ada perhatian Dinas Pertanian Lebak (Foto : Tbo)

Petani Porang Aan Suryadi, Bantu Warga Sekitar Harapkan Perhatian Dinas Pertanian Lebak

TBOnline [LEBAK] — Kreativitas dan kemandirian usaha ditambah potensi melihat ceruk pasar di tengah masa pandemi yang ditunjukan Aan Suryadi, warga Kampung Sempur Dua, Desa Tambak Baya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten, patut di apresiasi.

Lewat tangan dinginnya dengan memanfaatkan lahan seluas dua hektar, Aan Suryadi berjibaku membudidayakan tanaman jenis porang yang dipuji Presiden Jokowi sebagai tanaman dengan nilai jual tinggi dan merupakan komoditas ekspor potensial. Aan bahkan memperkerjakan warga sekitar untuk membantu mengembangkan tanaman ini.

“Kegiatan budidaya tanaman porang ini sudah sejak tahun 2020, dan Alhamdulilah sekarang tanaman ini sudah pada besar, Insya Allah sekitar Agustus 2022 nanti sudah bisa di panen. Untuk membantu kegiatan ini saya memperkerjakan warga sekitar, karena kita ketahui di masa pandemi covid 19 ini aktivitas ekonomi warga banyak terganggu,” kata Aan yang dijumpai di kediamannya, Sabtu (18/12/2021).

Aan berkisah, ide penanaman porang ini karena ia melihat pasar untuk jenis tanaman ini sangat jarang di budidayakan di Kabupaten Lebak, meski lewat informasi yang ia dapatkan tanaman jenis ini sangat menguntungkan secara ekonomi.

“Tanamam porang ini sangat banyak kegunaannya, bisa untuk kosmetik jely, mie, keripik dan lain lain, harapan saya Dinas Pertanian Kabupaten Lebak bisa membimbing untuk menggali potensi budidaya porang ini,” harapnya. Deni R

Artikel ini telah dibaca 149 kali

Baca Lainnya