Bangka Belitung Nasional

Selasa, 5 Januari 2021 - 19:04 WIB

2 bulan yang lalu

Pertama Kali di Belo Laut, Kapolres Babar Inisiasi Pembagian Buku Tabungan dan ATM Kompensasi KIP

TBOnline [BANGKA BARAT] — Bertempat di Ruang Catur Prasetya Polres Bangka Barat, Selasa (05/01/2021) digelar penyerahan secara simbolis 287 buku tabungan BRI BritAma dan 138 kartu ATM bagi warga Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok-Kabupaten Bangka Barat, yang digunakan untuk menyalurkan dana kompensasi kegiatan kapal isap produksi (KIP) di wilayah perairan Belo Laut, hal ini merupakan bukti nyata kegiatan KIP yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.Hadir dalam kegiatan dengan protokol kesehatan COVID 19 ini, Kapolres AKBP Fedriansyah, Wakapolres Kompol Aan Hadi Nugroho Wibowo, Kasat Pol Air AKP Chandra Wijaya, Kasat Reskrim AKP Andri Eko Setiawan, Kasat Intel AKP David Charli, Waka Unit ULB Wijaya, Kabag Waskip Bangka Barat, Perwakilan Mitra KIP, Pihak BRI Muntok, Panitia KIP dan perwakilan masyarakat Belo Laut.

 

Pembagian buku tabungan dan kartu ATM ini diserahkan langsung kepada perwakilan dusun, sedangkan sisanya dibagikan kepada perwakilan panitia.“Jumat ini sudah bisa semua dan InsyaAlah nanti sumbangan pertama kali di tranfser dari rekening penampung ke rekening panitia,” ujar Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah.

Ditambahkan kapolres, sedikitnya ada sekitar Rp700 juta dana yang sudah terkumpul dan akan dibagikan ke 1.000 rekening masyarakat dan 180 rekening nelayan ditambah untuk dana desa.“Mudah-mudahan acara ini bisa memberikan informasi ke masyarakat Belo Laut dan panitia dengan tetap seperti tujuan dibentuknya, dan kedepan bisa lancar dan KIP bekerja sesuai target,” harap kapolres.

Sementara itu, Wakil Kepala Unit Penambangan Laut Bangka (UPLB) mewakili PT Timah Tbk Wijaya dalam kesempatan pembagian buku tabungan dan ATM warga ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Polres Bangka Barat yang telah menginisiasi serta mengamankan kegiatan tersebut.“Terima kasih kepada kapolres beserta jajarannya yang telah menginisiasi kegiatan ini, menyediakan tempat kemudian mengawal kegiatan aktivitas penambangan ini berjalan dengan lancar. Terimakasih kepada kapolres yang sudah full support untuk kami, PT Timah yang mana kita diamanahkan oleh negara untuk mengelola IUP Timah di Bangka Barat ini,” katanya

Diakui Wijaya, penggunaan kartu ATM oleh warga untuk penarikan pembayaran dana kompensasi KIP seperti di Belo Laut ini merupakan yang pertama di wilayah operasional PT Timah Tbk.

“Ini suatu apresiasi, karena Belo Laut sebelumnya sudah lama kita tinggalkan sejak tahun 2015, setiap beroperasi selalu ada kendala, tapi PT Timah Tbk tetap sesuai arahan dalam beroperasi,” kata Wijaya.

Menurutnya dengan dibuatkannya rekening ini otomatis setiap bulan bisa masuk, termasuk nanti di Penganak karena memang belum menggunakan rekening, baru di Belo ini.

“Kami minta doanya dengan banyaknya produksi akan kembali bermanfaat kepada masyarakat. Kita ingin memberikan bukti nyata kegiatan ini betul-betul berdampak pada masyarakat terutama bagi wilayah yang ada di ring 1,” tandas Wijaya. Fani Tamzona

Artikel ini telah dibaca 93 kali

Baca Lainnya