Penguatan Karakter, Filosofi Pendidikan Bagi SMAN 13 Depok

0
207
Mamad Mahpuddin (Kepala SMAN 13 Depok)

TB-Online, Depok – Upaya dalam penguatan PPK belum lama ini SMAN 13 Depok melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah (LDKS) membantu menciptakan mensukseskan gerakan penguatan pendidikan karakter.

Hal itu diungkapkan oleh Mamad Mahpuddin, Kepala Sekolah SMAN 13 Depok kepada TB-Online di ruang kerjanya belum lama ini.

“Merujuk kepada program provinsi Jawa Barat sebagai juara lahir batin, guna mendukung program tersebut sekolah harus menciptakan karakter, yakni budaya bersih, budaya santun serta budaya saling menghargai serta melaksanakan workshop para guru dengan pengawas dari Provisni,” paparnya.

Menurutnya, dalam pembelajaran tidak hanya menstransfer knowledge, akan tetapi ada muatan-muatan karakter, jadi bukan hanya pengetahuan saja,  sehingga tercipta siswa pinter dan memiliki jiwa yang baik.

“Misi kita menanamkan peserta didik agar berakhlak mulia, cerdas,mandiri, dan mampu bersaing, keempat pilar inilah yang bakal membawa kesuksesan kelak jika sudah terjun ke masyarakat,” lanjutnya.

Melatih kedisiplinan bekerjasama dengan Koprs Brimob, dimana bagi murid yang ingin melanjutkan ke TNI dan Polri, diberikan pelatihan mental dan spritual, dan pada tahun 2018 ini SMAN 13 menjadi sekolah Gerakan Rujukan Sekolah Berkarakter.

Gerakan ini merupakan contoh dari sekolah yang melakukan skala prioritas tentang PPK dimana setiap siswa diharapkan keluar dari sekolah membekali diirnya dengan memiliki karakter yang mulia disamping pengetahuan akademis.

Dalam pembinaan sekitar 1200-an murid, seimbang dengan staf pengajar yang berjumlah 58 orang, pada tahun 2018 sedang menyiapkan kurikulum 2013 untuk seluruh kelas IX s/d XII, karena pada tahun 2019 seluruh kelas harus melaksanakan Kurikulum 2013.

Nampak sekolah yang baru 4 tahun berjalan masih menempati gedung eks SDN ini sarana dan prasarana masih minim, 65% adalah sarana dan selebihnya 35 % penunjang, dengan Akredtasi B.

Saat ini SMAN 13 baru memiliki 22 lokal ruangan kelas, terletak di jalan Pedurenan Pasar Cisalak berada di satu lahan dengan SDN Cisalak Pasar 3 membutuhkan ruang laboratorium dan perpustakaan yang saat ini belum dibangun.Freddy

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of