Kabupaten Sukabumi Nasional

Rabu, 30 Juni 2021 - 09:07 WIB

7 bulan yang lalu

Kantor Cabang (KC) BRI Kabupaten Sukabumi di Jln. Siliwangi, Cibadak (Foto : TBO)

Kantor Cabang (KC) BRI Kabupaten Sukabumi di Jln. Siliwangi, Cibadak (Foto : TBO)

Penerima BPUM Meradang, Saldo Rekening Rp1,2 Juta Dikuras Pihak Lain. Kok Bisa?

TBOnline [SUKABUMI] — Salah seorang warga Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, penerima Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM, meradang.

Pasalnya, ketika ia coba mencairkan bantuan senilai Rp1,2 juta dari pemerintah pusat bagi pelaku UMKM ini di Kantor Unit BRI terdekat, petugas BRI memberikan informasi bahwa dana yang berada di rekening nya sudah dicairkan orang lain, melalui surat kuasa yang seolah ia tandatangani.

“Padahal saya sama sekali tidak pernah memberikan kuasa apalagi menandatangani,” kata OS, warga Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

Penelusuran TBO, kejadian serupa tidak hanya dialami OS, diduga terdapat juga beberapa warga penerima manfaat BPUM yang mendapati dana di rekeningnya dikuras pihak tidak bertanggungjawab melalui Kantor Unit BRI dimaksud.

Dilansir dari situs kemenkopukm.go.id —Deputi Usaha Mikro Kemenkop UKM Eddy Satria menjelaskan penerima manfaat harus menerima pencairan bantuan itu secara langsung di bank yang menjadi mitra, seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI). Tujuannya agar dapat dipastikan penerima BPUM tepat sasaran melalui penandatanganan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

“Tidak bisa diwakilkan, begitu. Harus datang sendiri,” kata Eddy.

Hingga berita ini tayang, TBO masih menunggu penjelasan resmi dari pihak Kantor Cabang (KC) BRI Kabupaten Sukabumi terkait pencairan di rekening penerima BPUM ini. Gun

Artikel ini telah dibaca 1057 kali

Baca Lainnya