Berita Daerah

Sunday, 2 September 2018 - 13:29 WIB

12 months yang lalu

Pemuda Gunungmalang Gagas Wisata Tubing di Sungai Citarik

TB-Online, Sukabumi – Gunungmalang adalah sebuah desa di kabupaten sukabumi yang sangat sejuk dan nyaman, dimana daerah tersebut diuntungkan dengan adanya sungai yang lebar dan sangat panjang, dan pastinya menambah kesejukan suasana daerah tersebut.

Salahsatunya Yudi, pemuda yang kreatif dan memiliki inovasi untuk mengangkat daerahnya, dia juga sebagai Sekdes di desa Gunungmalang.

Menyadari daerahnya yang berpotensi untuk dijadikan tempat wisata, Yudi mengajak pemuda dan tokoh masyarakat untuk bermusyawarah dalam membangun tempat wisata di area sungai citarik tersebut, alhasil sepakat untuk mencoba membuka area wisata tubing.

“Saya menyadari adanya potensi untuk membangun tempat wisata di daerah ini, yang akan berdampak pada naiknya ekonomi warga, maka saya berinisiatif untuk mengundang para pemuda, tokoh masyarakat dll untuk memusyawarahkan dalam rangka membentuk area wisata disini”, ungkapnya.

Dan alhasil tempat wisata yang dimusyawarahkan bersama itu terwujud dengan pergerakan semua elemen masyarakat. Selain wisata tubing, yudi juga menggagas pembuatan tower wifi di area wisata, dengan alasan untuk menunjang kenyamanan wisatawan ke daerahnya, karena mengingat susahnya sinyal telekomunikasi di area tersebut.

” Tidak hanya wisata tubing yang kita bangun, di era yang serba digital ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang akan jaringan internet, maka untuk kenyamanan wisatawan yang datang, kita akan membangun sebuah tower wifi untuk menunjangnya” lanjut yudi.

Semua tempat wisata yang ada diwilayah tersebut dikelola oleh BUMDes dan karangtaruna, seterusnya hasil dari wisatawan akan digunakan untuk mengembangkan wahana dan sebagai ciri khas desa.

“semua ini akan dikelola oleh BUMDes dan karangtaruna, untuk pengembangan wahana, dan menjadikan ciri khas desa”, tuturnya.

Semua masyarakat menyambut baik adanya tempat wisata, karna dapat menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

” Saya senang dengan adanya tempat pariwisata ini, kami bisa berdagang dan menyewakan jasa kami, dan pasti membuka lapangan kerja bagi yang ngangggur”, ungkap salahsatu warga.

Dan Yudi berharap agar semua warga sadar akan pentingnya menjaga kebersihan sungai dengan cara jangan membuang sampah ke area aliran sungai citarik karna dapat mencemari keindahan lingkungan dan akan mengganggu kenyamanan para wisatawan.

“Saya harap kepada semua warga agar menjaga keasrian tempat wisata, jangan sampai mencemari lingkungan”, Pungkasnya. (Ai)

Artikel ini telah dibaca 269 kali

Baca Lainnya