Nasional

Selasa, 27 Juli 2021 - 14:12 WIB

2 bulan yang lalu

Pemdes Sebanti Anggarkan Rp50 Juta Untuk Penyertaan Modal BUMDes

TBOnline [KOTABARU] — Pemerintah Desa (Pemdes) Sebanti, Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kotabaru, melaksanakan bantuan bagi BUMDes lewat anggaran penyertaan modal sebesar Rp50 juta dari APBDes Sebanti, Selasa (27/7/2021).

“Penyertaan modal untuk BUMDes Sebanti senilai Rp50 juta, dimana ada 3 kegiatan yang dilaksanakan sementara 2 kegiatan yang sudah berjalan yakni untuk modal usaha alat musik dan pipanisasi,” ungkap Kades Sebanti Ahmad Harun.

Ditambahkan Ahmad Harun, 1 lagi kegiatan BUMDes yang belum berjalan ialah penjajakan industri rumah tangga, dimana Industri yang dimaksud yaitu pembuatan kerupuk.

Kantor Desa Sebanti anggarkan Rp50 juta sebagai penyertaan modal bagi BUMDes (Foto : Badrun)

“Jadi kegiatan yang tadi sudah berjalan ada 2, meskipun dananya belum dicairkan itu sudah selesai, mengenai industri pembuatan kerupuk ini merupakan pekerjaan dari Ibu- ibu PKK,” tambah Ahmad Harun.

Hasilnya nanti, Kata Ahmad Harun, sudah tentu untuk PAD dan otomatis meningkatkan perekonomian masyarakat agar semakin baik, karena sasaran yang ingin dicapai sudah tentu meningkatkan ekonomi masyarakat dalam skala mikro.

“Contohnya seperti pembuatan kerupuk, adapun tujuan dari Pemdes Sebakti untuk merangsang bagaimana cara pembuatan kerupuk yang baik, juga pemasarannya, yang terpenting meningkatkan sistem management yang baik dalam usaha pembuatan kerupuk ini,” jelas kades.

Selain itu Pemdes Sebanti akan mengembangkan pembuatan jerupuk dari kepiting (katam), karena potensi pembuatan kerupuk sangat baik ke depannya, karena di Sebanti ini ada kepiting dari hasil Tmtangkapan nelayan dan juga ada hasil petambak.

“Jadi untuk unit usaha kedua yang dikelola BUMDes tentu dilihat dulu mana yang lebih menguntungkan (dominan) itulah yang akan dikembangkan, sehingga apa yang menjadi Industri kecil tadi benar-benar akan menjadi nilai tambah untuk warga semuanya,” ungkap Ahmad Harun. Run

Artikel ini telah dibaca 62 kali

Baca Lainnya