Headline Satu Komando

Senin, 15 Februari 2021 - 19:26 WIB

5 bulan yang lalu

Pembukaan Pra TMMD Ke-110, Dandim 0431/Babar : Sinergitas TNI dan Forkompimda Wujudkan Pembangunan Bangka Barat

TBOnline [SATU KOMANDO] — Pra Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-110 yang dilaksanakan hari ini, Senin (15/02/2021) dihadiri Bupati Bangka Barat terpilih H. Sukirman SH, Sekda M. Saleh, Kapolres AKBP Ferdiansyah, Ketua DPRD Babar, Ka. Unmet Muntok, Perwakilan Kejari, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, BKKBN, Dinas Sosial, Dinas Kehutanan, Dinas PU, Camat Muntok, Kapolsek Muntok, Danramil Muntok, Kades Air Limau, Para Kadus, MJC Babar serta Persit KCK IV Cabang 0431.Dandim 0431/Bangka Barat Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa membuka langsung kegiatan Pra TMMD Ke-110 TA 2021 ini di Desa Air Limau, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

“Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) merupakan wujud sinergitas dalam membangun negeri, untuk itu dalam kesempatan Pra TMMD ini kami mengucapkan terima kasih atas sinergitas pemerintah daerah setempat maupun instansi terkait, diantaranya Dinas Kesehatan, Pertanian, BKKBN, Dinas Sosial, Kehutanan, Dinas Pekerjaan Umum, Kejaksaan serta Kepolisian, yang telah mendukung guna mencapai sasaran fisik, yakni pembangunan infrastruktur untuk mengatasi kesenjangan di desa-desa terpencil dan masalah fasilitas umum dan tentang rendahnya kualitas hidup,” kata Dandim dalam sambutannya.

Dalam TMMD ke-110 ini, lanjut Dandim, akan dibangun jalan baru sepanjang 13,8 Km yang akan menghubungkan Air Limau dan Tanjung Ular atau kawasan industri yang bekerja sama dengan PT Timah.

“Kita akan mendapatkan bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni, sarana olahraga yang akan dibangun di Desa Air Limau,” ujar nya.Letkol Inf Agung Perkasa juga menyampaikan ketelibatan TNI dalam program pemerintah telah sesuai dengan amanat Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang khusus tugas TNI pada operasi militer bilateral (OMB) yakni memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai sistem pertahanan semesta, guna membantu tugas pemerintah di daerah, khususnya dengan pembangunan akses jalan.

Sementara itu, Bupati Bangka Barat terpilih H. Sukirman menyampaikan terimakasih atas kegiatan TMMD ini, sehingga nantinya kawasan industri yang ada di Tanjung Ular akan terbangun dengan sendirinya lewat penataan transportasi yang baik.

“Maka disitulah nanti menjadi sentral kegiatan ekonomi, yang tujuan akhirnya akan dirasakan masyarakat Bangka Barat,” kata H. Sukirman.

Sukirman juga mengajak Kadus, Kades, Camat dan stake holder terkait agar menyampaikan kepada masyarakat tentang perbaikan ekonomi.“Kita berharap wajah Muntok berubah, pelabuhan ikan dan transportasi kita benahi bersama-sama. Disana juga nanti kita kembangkan pusat pariwisata, karena kalau pariwisata terbangun dengan sendirinya ibu yang jual kue yang akan banyak yang beli kue-kue nya karena Bangka Barat ini mendapat ikon Kota Seribu Kue,” pungkas bupati.

Kades Air Limau, Jupri mengungkapkan adanya kegiatan TMMD ini maka akses jalan menjadi baik.“Arah mau ke Tanjung Ular ini akan mudah di jangkau masyarakat, dari itu kami terima kasih kepada program ini, karena kami merasakan kalau musim hujan akses jalan susah, sehingga kalau sudah dibangun kami bisa aktivitas ke Tanjung Ular, yah dampak ekonominya bisa bertambah,” ucap Kades Jupri. Fani Tamzona

Artikel ini telah dibaca 548 kali

Baca Lainnya