Nasional

Rabu, 18 Juli 2018 - 19:41 WIB

3 tahun yang lalu

Pembinaan Dan Peningkatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

TB-Online, Waykanan – Pidato Bupati Raden Adipati Surya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kesra dan SDM, Juanda

Puji dan syukur ram sanjung agungko kehadirat Allah SWT, karena taufik dan hidayahna jualah kebian sija ram dapok dipertemukan delom rangka menghadiri kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasyah (UKS/M) Kabupaten Way Kanan tahun 2018 delom keadaan sehat wal’afiat.

Mak lupa munih ram panjatko Shalawat serta salam kehadirat Nabi Muhammad SAW, sai syafaatnya kelak ram nanti-nantiko di Yaumil Qiyamah. Amin Yarobalalamin.
Pada kesempatan ini saya memakai pengantar pidato menggunakan bahasa Lampung Way Kanan, sesuai dengan Surat Edaran Bupati Way Kanan Nomor 060/59/1-II/WK/2017 tanggal 25 April 2017 tentang Ketentuan Pengunaan Bahasa Lampung Way Kanan setiap Hari Rabu sebagai bentuk pelestarian Bahasa Daerah.

Pada era globalisasi ini terdapat banyak tantangan bagi peserta didik yang dapat mengancam kesehatan fisik dan jiwanya. Tidak sedikit anak yang menunjukkan perilaku tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak, gula, garam, rendah serat yang dapat meningkatkan risiko hipertensi, diabetes melitus dan obesitas, dan sebagainya. Ditambah juga prilaku sebelum makan tidak mencuci tangan, sehingga memungkinkan masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh.

Selain itu meningkatnya perokok pemula, usia muda, atau usia peserta didik sekolah sehingga risikonya akan mengakibatkan penyakit degeneratif. Perilaku tidak sehat lainnya yang mengkhawatirkan adalah melakukan pergaulan bebas, sehingga terjerumus ke dalam penyakit masyarakat seperti penggunaan narkoba atau tindakan kriminal.

Perilaku tidak sehat ini, disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat, seperti kurang bersihnya rumah, sekolah, atau lingkungan. Tantangan lain tentang perilaku tidak sehat muncul dari diri peserta didik sendiri, aktifitas fisik mereka kurang bergerak, olahraga pun malas sehingga tidak bergairah baik di rumah maupun atau di sekolah. Peserta didik pun cenderung lebih menyukai dan banyak menonton televisi, bermain videogames, dan play station, sehingga mengakibatkan fisiknya kurang bugar.

Untuk itu diperlukan fasilitas dan program pendidikan jasmani atau olahraga memadai dan terprogram dengan baik, di sekolah dan di lingkungan masyarakat sekitar. Hal ini sangat mendukung dan memungkinkan peserta didik untuk bergerak, berkreasi, dan berolah raga dengan bebas, menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran fisiknya.

Kesehatan fisik peserta didik berkorelasi positif terhadap kematangan emosi sosialnya. Guru atau orang tua atau petugas berwenang perlu memberikan bekal yang penting bagi peserta didik yaitu menciptakan kematangan emosi-sosialnya agar dapat berhasil dalam menghadapi segala macam tantangan, termasuk tantangan untuk berhasil secara akademik. Peserta didik pun akan mampu mengendalikan stress yang dialaminya, karena jika stress tidak dikendalikan akan menyebabkan timbulnya berbagai penyakit dan akan menjadi kendala untuk keberhasilan belajarnya.

UKS bertujuan sangat mulia yaitu meningkatkan derajat kesehatan dan membentuk pola hidup sehat dikalangan peserta didik maupun para guru-guru. UKS adalah instrumen yang penting dalam menunjang proses belajar dan pembelajaran dalam lingkungan sekolah dan setiap sekolah di Kabupaten Way Kanan terutama tingkat sekolah Madrasyah. UKS tidak hanya untuk lingkungan sekolah tapi UKS bisa dijadikan tempat pemeriksa kesehatan bagi warga sekitar, karena tujuan dibentuknya kegiatan ini adalah untuk melahirkan generasi muda yang sehat dan berkualitas.

Bapak, ibu, saudara-saudara yang saya hormati,
Melalui kesempatan ini saya juga menyampaikan bahwa pada kegiatan Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasyah (LSS-UKS/M) Tingkat Provinsi Lampung tahun 2018 Kabupaten Way Kanan memperoleh 2 (dua) kategori juara yaitu:
1. Juara II kategori Sekolah Sehat tingkat SD/MI yang diraih oleh SDN 01 Sidoarjo Kecamatan Blambangan Umpu,
2. Juara Harapan III Kategori Sekolah Sehat Tingkat TK/RA yang diperoleh TK Ar-Ridho Sidoarjo Kecamatan Blambangan Umpu.
Untuk tahun 2018 ini Kabupaten Way Kanan menargetkan untuk meningkatkan prestasi di LSS-UKS/M, dengan mengoptimalkan segenap potensi dan sumberdaya yang ada, dan dengan adanya kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasyah (UKS/M) Kabupaten Way Kanan tahun 2018, merupakan salah satu jalan bagi TP UKS/M Kabupaten Way Kanan untuk meningkatkan mutu dan daya saing sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Way Kanan.
Bapak, ibu, yang saya hormati,
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, Akhirnya dengan mengucapkan bismilahirohman nirohim Pembinaan dan Peningkatan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasyah (UKS/M) Kabupaten Way Kanan tahun 2018 secara resmi saya nyatakan dibuka.
Akhirnya, atas segala perhatian hadirin saya ucapkan terima kasih, semoga apa yang kita lakukan hari ini akan bermanfaat bagi kita semua di masa yang akan datang. (A. Pendi)

Artikel ini telah dibaca 1141 kali

Baca Lainnya