Nasional

Tuesday, 5 November 2019 - 02:43 WIB

2 weeks yang lalu

Proyek pembangunan TBBM milik PT Sena diwilayah Tanjung Gudang, Belinyu, Kabupaten Bangka, yang cukup mengganggu warga sekitar [foto: andi]

Proyek pembangunan TBBM milik PT Sena diwilayah Tanjung Gudang, Belinyu, Kabupaten Bangka, yang cukup mengganggu warga sekitar [foto: andi]

Pembangunan TBBM PT Sena Bikin Warga Tanjung Gudang Terganggu, Perusahaan Janji Ganti Kerugian

TBOnline [BANGKA] – Masyarakat di Wilayah Tanjung Gudang, Kelurahan Mantung, Belinyu, Kabupaten Bangka akhir-akhir ini cukup terganggu dengan aktivitas PT Samudra Energi Niaga [SENA] yang berencana membangun tangki berkapasitas ribuan liter sebagai Terminal Bahan Bakar Minyak [TBBM] di sekitar pemukiman mereka.

Pertemuan warga dengan pihak PT Sena di Kelurahan Mantung [foto: andi mulia]

Jarak kediaman warga dengan lokasi proyek pembangunan TBBM milik PT Sena yang rapat menimbulkan gangguan suara bahkan kerusakan pada rumah warga, terlebih saat pemasangan tiang pancang [paku bumi] dalam proyek ini. “Istirahat kami terganggu dengan suara yang keras dari lokasi proyek, bahkan rumah kami terasa berguncang pada saat pemasangan paku bumi, akibatnya tidak sedikit tembok rumah warga yang retak,” ujar warga setempat.

Yang sangat disesalkan warga Tanjung Gudang ialah tidak adanya sosialisasi dari pihak PT Sena maupun instansi setempat sebelum pelaksanaan proyek pembangunan TBBM tersebut.

Menangkap kecemasan warga, pihak Kelurahan Mantung memfasilitasi pertemuan dengan pihak PT Sena beberapa waktu lalu. “Mewakili PT Sena kami meminta maaf atas gangguan yang timbul di lokasi proyek, sehingga warga sekitar terganggu,” ujar Musa pada saat pertemuan yang datang bersama Agung, sebagai perwakilan PT Sena.

Pertemuan warga Tanjung Gudang dengan piha PT Sena yang difasilitasi Kelurahan Mantung [foto: andi mulia]

Adapun terkait kerusakan rumah warga, keduanya berjanji pihak perusahaan akan mengganti kerugian yang timbul akibat aktivitas pembangunan TBBM PT Sena ini.

Dalam pertemuan ini warga meminta agar pihak PT Sena segera mengadakan sosialisasi apabila terdapat pemasangan paku bumi [tiang pancang] berikutnya, terlebih tidak semua warga menyetujui ganti kerugian tersebut.

Diketahui, ekspansi PT Sena dalam pembangunan Terminal Bahan Bakar Minyak [TBBM] di sekitar wilayah Pelabuhan Tanjung Gudang, Belinyu, diatas lahan PT Pelindo ini berdasarkan perjanjian kontrak selama 10 tahun, karena kontrak sebelumnya diatas lahan milik PT Timah akan segera berakhir. Andi Mulia /[red]

 

 

Artikel ini telah dibaca 118 kali

Baca Lainnya