Pembangunan Ruang Kelas Baru di SDN Beji 5 & 7 Depok

0
208
Ilustrasi Pembangunan Ruang Kelas

TB-Online, DEPOK – Saat ini hampir semua sekolah dasar negeri di kota Depok membutuhkan ruang kelas baru (RKB) guna melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)full day.

Jumlah ruangan kelas yang ada saat ini tidak sebanding dengan jumlah siswa yang ada sehingga KBM selain pagi dilakukan juga pada siang hari.

Unuk memenuhi agar terlaksana KBM  kelas pagi saja, SDN Beji 5 Depok sedang membangun 3 ruang kelas baru yang dijadwalkan selesai dalam 3 bulan.

Mawardih Kepala SDN Beji 5

Menurut Mawardih, Kepala Sekolah SDN Beji 5 mengatakan rencana Pemkot Depok akan membangun 9 lokal RKB, yakni 3 lokal RKB lantai bawah dan 3 RKB lantai atas, namun dalam pelaksanaannya dilaksanakan step by step, saat ini pelaksanann pekerjaan baru mencapai  1 lokal rehab lantai bawah dan 2 lokal RKB lantai atas.

Anggaran pembangunan 3 lokal RKB menelan biaya sebesar Rp. 1.204.913.432,- yang diambil dari APBD T.A 2018  Nomor SPMK: 602/PPK/SPMK/FSK-21.TABA/VII/DPP 2018  dan dikerjakan oleh PT Niscala Karya Konstruksi dengan jangka waktu pengerjaan 90 hari kalender.

“ Insya Allah akan diselesaikan pada akhir bulan November 2018 tahun ini,” katanya kepada TB-Online diruang kerjanya belum lama ini.

Untuk itu mau tidak mau 3 kelas siswa kelas III dan IV harusdiungsikan ke SDN Kramat Beji yang tidak jauh dari SDN Beji 5,sampai  menunggu rampungya kelas baru.

Diketahui guna menghilangkan double shift menjadi satu shift yakni pelaksanaan KBM pagi dan siang menjadi pagi, SDN Beji 5 membutuhkan 9 ruangan baru, direncanakan akan terealisasi pada tahun 2020 mendatang.

“ Pada tahap ini ada kelas siang yang dialihkan menjadi kelas pagi, dan secara bertahap sampai pada tahun 2020, di rencanakan seluruh kegiatan KBM pelaksanaannya pada pagi hari,” ungkapnya.

Dengan demikian, lanjutnya, kegiatan pendidikan di sekolah ini akan berjalan 5 hari, Senin s/d Jum’at atau full day, seperti yang telah dilaksanakan di beberapa sekolah lain di kota Depok, tekadnya

Rehab Ruang Kelas/RPL

Nijan Kepala SDN Beji 7

Sementara itu ditempat terpisah, SDN Beji 7 sedang melaksanakan rehabilitasi 3 lokal ruangan kelas dari 10 lokal ruangan kelas yang ada, pembangunan dilakukan mengingat  ruangan kelas ini dengan kondisi atap yang hampir ambrol dan dikhawatirkan akan mencelakakan murid yang belajar.

“Usaha untuk merehab bangunan ini telah diajukan pada tahun 2017 kepada Sarpras Disdik kota Depok,  kemudian setelah dikunjungi tim Sarpras Disdik dan melihat kondisi yang sebenarnya alhamdulillah pada tahun 2018 permohonan tercatat dalam RAB dan rehab dilaksanakan dengan baik, “ tutur Nijan Tirta, S.Pd kepada TB-Online di ruang kerjanya.

Sekolah yang lokasinya tidak jauh dari SDN Beji 5 ini, dalam pembangunannya menggunakan dana DAK T.A 2018 dengan menelan biaya Rp. 248.043.300,- yang dilaksanakan mmakan waktu pelaksanaan 120 hari kalender.

Perubahan bangunan meliputi kusen dan lantai serta plafon yang diganti menggunakan rangka atap baja ringan, serta pengecatan baru sehingga tampak rapih, aman dan nyaman untuk digunakan sebagai ruangan kelas.

“Ruangan yang di rehab ini merupakan ruangan perpustakaan dimana kami saat ini tidak memiliki lahan untuk membangun ruangan perpustakaan yang sesuai dengan standar Dinas Pendidikan kota Depok,” ungkapnya.

Diketahui untuk membangun ruangan khusus Perpustakaan setiao sekolah wajib memiliki lahan seluas min. 48 m2atau setara dengan ruangan kelas, “ diharapkan sebelum bulan Desember 2018 rehab bangunan ini selesai,” ujarnya mengakhiri pembicaraan.Freddy

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of