Nasional

Wednesday, 18 July 2018 - 19:47 WIB

1 year yang lalu

Pelatihan TIM Reaksi Cepat (TRC) Bencana Dan Halal Bil Halal SATGAS PB Kecamatan

TB-Online, Way Kanan – Pidato Bupati Raden Adipati Surya

Meskipun Hari Raya Idul Fitri kak berlalu 1 (satu) bulan) tetapi ampai derani sija dapok bersilaturahmi, sehingga pada kesempatan sija sikam ngajak kuti rumpok untuk menyampaiko rasa syukur kepada Allah SWT, atas izin dan rahmat-Na derani kebian sija ram dapok berkumpul delom rangka Halal Bil Halal 1439 Hijiriyah sekaligus Pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRC) Bencana dan Temu Kangen Satgas PB Kecamatan tahun 2018, syukur alhamdulilah ram segalana delom keadaan sehat walafiat.

Mak lupa munih ram panjatko Shalawat serta salam kehadirat Nabi Muhammad SAW, sai syafaatnya kelak ram nanti-nantiko di Yaumil Qiyamah. Amin Yarobalalamin.
Pada kesempatan ini saya memakai pengantar pidato menggunakan bahasa Lampung Way Kanan, sesuai dengan Surat Edaran Bupati Way Kanan Nomor: 060/59/1-II/WK/2017 tanggal 25 April 2017 tentang Ketentuan Pengunaan Bahasa Lampung Way Kanan setiap Hari Rabu sebagai bentuk pelestarian Bahasa Daerah.

Untuk mengatasi berbagai bencana kita terus berupaya meningkatkan kemampuan dibidang penanggulangan bencana. Bencana merupakan rangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam, manusia atau oleh keduanya yang mengakibatkan korban, penderitaan bagi manusia itu sendiri, kehilangan harta benda, kerusakan lingkungan, dan fasilitas umum, serta menimbulkan gangguan terhadap tata kehidupan masyarakat.
Bencana yang diakibatkan oleh alam, seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor dan sebagainya. Ada juga bencana yang disebabkan oleh perbuatan manusia, seperti peperangan, gejolak sosial, kebakaran, kecelakaan industri yang waktunya dapat berlangsung singkat tetapi juga dapat berlangsung dalam waktu yang panjang.

Penanggulangan bencana adalah suatu proses yang dinamis, berlanjut dan terpadu untuk meningkatkan kualitas langkah-langkah yang berhubungan dengan observasi dan analisis serta pencegahan, penjinakan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, rehalibitasi dan rekonstruksi yang diakibatkan oleh bencana.

Oleh karena itu, melalui pendidikan dan pelatihan Tim Rekasi Cemat (TRC) ini diharapkan akan semakin meningkatkan kemampuan para satgas penanggulangan bencana dalam menjalankan tugasnya di lapangan. sehingga penanganan terhadap bencana dapat lebih cepat, tepat dan dapat meminimalisasi kerugian yang ditimbulkan oleh bencana.

Kebijakan penanggulangan bencana memberikan prioritas tinggi pada peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat, serta jajaran pemerintah, terutama di daerah rawan bencana. Kemampuan petugas dan masyarakat untuk pencarian dan penyelamatan, pemberian pengobatan serta perawatan korban ditingkatkan, baik dalam kecepatan maupun ketepatan waktu penyelamatan dengan dukungan peralatan yang memadai.
Disamping itu, kemampuan perlindungan masyarakat dalam penanggulangan bencana juga ditingkatkan melalui pendidikan dan pelatihan TRC penanggulangan bencana yang terencana, sistematis dan berkelanjutan, sebagaimana yang sedang kita laksanakan ini.
Akhirnya kepada peserta pelatihan, berlatihlah dengan sungguh-sungguh. Ikuti arahan dan petunjuk dari para instruktur dan pemberi materi. Kepada para instruktur, saya sangat mengharapkan agar dapat memberikan bimbingan yang lebih baik dan sungguh-sungguh, sehingga satuan Tim Rekasi Cepat dalam penanggulangan bencana yang kita harapkan dapat tercapai.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, baik atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan saya mengucapkan Minal Aidhin Wal Faidzin Mohon maaf Lahir dan Bathin. Jika selama ini masih tersimpan kesalahan yang tanpa saya sadari hendaknya mohon dimaafkan.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, akhirnya dengan mengucapkan: bismillahirrohmaanirrohiim kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRC) Bencana secara resmi saya nyatakan dibuka. (A. Pendi)

Artikel ini telah dibaca 246 kali

Baca Lainnya