Para Calon Danyon Korps Marinir Di Uji Kompetensi

0
142

TB-Online, Jakarta – Para calon Komandan Batalyon Korps Marinir melaksanakan uji coba Kompetensi selama 2 hari mulai tanggal 17 s/d 18 Agustus 2018 di kawasan Bhumi Marinir Cilandak Ksatrian Marinir Hartono Cilandak Jakarta Selatan, Sabtu (18/08/2018).

Pada hari pertama sebelum dilaksanakan paparan tentang Misi dan Misi bila menjadi pejabat Komandan Batalyon, Aspers Dankormar Kolonel Mar Nana Rukmana memberikan motifasi dan arahan kepada panitia, Tim Penguji dan para peserta agar proses pengujian berjalan lancar dan sesuai dengan kreteria yang diharapkan.

Pada tahap pertama, paparan langsung oleh masing-masing peserta di hadapan panitia pimpinan Kadisminpers Kormar Kolonel Mar Agus Gunawan W. dan Tim Penguji yang terdiri dari : Danbrigif-2 Marinir Kolonel Mar Amir Kasman, Dandenjaka Kolonel Mar Nanang Saefulloh, Asops Pasmar-1 Kolonel Mar Nawawi dan Aspers Pasmar-1 Kolonel Mar A Hanifa S.E.

Adapun pesertanya para Pamen Marinir yang akan dipromosikan menduduki jabatan setingkat Komandan Batalyon ada 5 orang, yang pertama yaitu Letkol Mar Heri Setiawan yang memiliki jabatan Kasubdisbek Dismat Kormar dan memaparkan tentang Yonmarhanlan serta Misi-Visinya bila menjadi Danyonmarhanlan kemudian Letkol Mar Anang Wijayanto Pasintel Menbanpur Pasmar-1 yang memaparkan tentang Puslatpasrat serta Misi dan Visi bila menjadi Danpuslat Pasrat, selanjutnya Mayor Mar Sugeng Prayitno Pabantik Sops Pasmar-2 paparan Yonmarhanlan serta Misi dan Visi bila menjadi Danyonmarhanlan, serta Mayor Mar Ronny Antonius Purba memaparkan tentang sitem pendidikan di AL dan Misi-Visinya bila menjadi Danyon Taruna AAL dan yang terakhir Mayor Mar Supriyono dengan paparannya tentang sekolah khusus dan Misi-Visi bila menjadi Dansesus di Kodikmar.

Setiap peserta selesai melaksanakan paparan diadakan evaluasi, koreksi dan tanya jawab oleh Tim Penguji dan diakomodir oleh Ketua Panitia yaitu Kadisminpers Kormar.

Uji Kompetensi Menembak (foto : ad)

Keesokan harinya yaitu tanggal 18 Agustus 2018 dilaksanakan test Menembak pistol jarak 25 meter dengan 3 butir menembak percobaan dan 20 butir menembak pelaksaan yang dibagi 2 kali dengan waktu 2 menit dalam setaip pelaksanaan kemuadian pindah ke lapanagan tembak senapan untuk test menembak senjata laras panjang jarak 100 meter dengan tiga sikap, yaitu sikap tiarap, sikap jongkok dan sikap berdiri dan masing masing sikap menggunakan 10 butir peluru dengan tiga butir peluru menembak percobaan.

Test selanjutnya pada hari itu juga dilaksanakan Samapta di lapangan apel Brigif-2 Marinir dibawah pengawasan Tim Jasrek Denma Mako Kormar dibawah pimpinan Mayor Laut (KH) Agus Setiawan dibantu Tim Kesehatan gabungan Balai Pengobatan Kormar dan Rumkital Marinir Cilandak yang dipimpin Koptu Kes Budi Setia yang terus mengawal sampai dengan acara test ketahanan renang yang dilaksanakan di Kolam Renang Marinir Usman Harun Cilandak.

Hadir dan selalu melekat pada setiap bagian dari program test ini Pabanren Spers Kormar Letkol Mar I Wayan Warga M. Tr. Han, Kasubdisdalpersmil Disminpers Kormar Letkol Mar Anak Agung, Kasidikpa Disminpers Kormar Mayor Mar Benny Setiyohadi, dan Kasipatjab Disminpers Kormar Mayor Mar Agus Mutakim serta Kasikatmil Disminpers Kormar Kapten Mar Erwin. (Ad/Isk)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of