Kabupaten Sukabumi

Minggu, 20 September 2020 - 19:29 WIB

1 bulan yang lalu

Gambar dari sebuah potongan video, dimana terdapat kepala desa saat melakukan dugaan deklarasi dukungan terhadap salah satu paslon dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020 (Foto: Ist)

Gambar dari sebuah potongan video, dimana terdapat kepala desa saat melakukan dugaan deklarasi dukungan terhadap salah satu paslon dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020 (Foto: Ist)

Oknum Kades di Kabupaten Sukabumi Ikutan Deklarasi Dukung Salah Satu Paslon Kepala Daerah

TBOnline [SUKABUMI] — Sebuah video berdurasi kurang dari satu menit, mirip deklarasi dukungan beberapa kepala desa dan oknum anggota legislatif terhadap salah satu pasangan calon kepala daerah Kabupaten Sukabumi, beredar luas di jejaring WhatsApp.

Dalam video yang diduga diambil di sebuah tempat di wilayah Sukabumi Selatan ini, tampak beberapa orang yang diduga diantaranya merupakan kepala desa dan anggota DPRD aktif, lantang mengulangi kalimat seseorang yang berisi dukungan terhadap pasangan calon Marwan Hamami dan Iyos Somantri.

“Siap mensukseskan dan memenangkan Drs. H. Marwan Hamami dan Drs. H. Iyos Somantri untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi dua periode untuk melanjutkan kebaikan,” demikian isi penggalan video tersebut.

Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi, Tendy Hendrayana yang dikonfirmasi mengaku telah mengetahui ihwal dukung mendukung para oknum kades ini.

Tedy Hendrayana, Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi (Foto: Ist)

“Sudah tahu ada sekitar 4 kepala desa. Mereka sudah tahu hak dan larangannya. Saya juga akan mengingatkan kembali, nanti kita surati,” kata Tedy, Minggu (20/09/2020).

Menurut Tedy, pihak DPMD Kabupaten Sukabumi bersama dengan Bawaslu sudah melakukan rapat untuk mengantisipasi hal seperti ini, bahkan sudah melakukan deklarasi anti politik uang.

“Pembinaan sudah, deklarasi sudah. Kita sudah antisipasi sebelumnya,” imbuhnya.

Mengenai sanksi yang akan diterapkan DPMD bagi oknum kades yang berpolitik ini, Tedy mengaku pihaknya hanya melakukan sanksi administrasi, selanjutnya nanti akan berkoordinasi dengan Bawaslu.

“Kita terapkan sanksi administrasi, selanjutnya nanti di Bawaslu. Kita lihat perkembangan,” ujarnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Teguh Hariyanto saat dihubungi terkait deklarasi dukungan para oknum kades ini, menjelaskan pihaknya tengah melakukan penelusuran.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi T
Teguh Haryanto [foto; ist]

“Saya sudah tahu (video) tadi malam, saat ini kami tengah mengumpulkan data di lapangan. Dan informasinya bakal ada yang melapor. Sementara baru diketahui ada kades dari wilayah Waluran, Ciemas, Surade dan Ciracap. Saat ini menunggu hasil penelusuran,” kata Teguh, Minggu (20/09/2020).

Terkait sanksi, Teguh menjelaskan karena dilakukan di luar masa kampanye, Bawaslu dapat menerapkan UU lain, misalnya UU Nomor 6/2014 Tentang Desa.

“Nanti akan kita panggil untuk dimintai keterangan,” sebut Teguh.

Ketua Umum DPC Apdesi Kabupaten Sukabumi, H. Deden Deni Wahyudin, mengaku tindakan para kades yang mendukung salah satu paslon kepala daerah di luar sepengetahuan pihaknya.

“Pada dasarnya Apdesi sudah menghimbau kepada seluruh anggota nya untuk bertindak netral dalam pilkada tahun ini, sesuai dengan komitmen kita dengan Bawaslu. Adapun adanya video deklarasi dukungan terhadap salah satu pasangan calon yang dibuat oleh beberapa rekan kades itu diluar sepengetahuan kami, dan Insya Allah secepatnya ini kami akan mencoba untuk mengklarifikasinya,” jelas Deden.

H. Deden, Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi (Foto: ist)

Menurut Deden, pihak Apdesi selalu mengajak seluruh kepala desa untuk menjadi bagian dari sukses nya pilkada di Kabupaten Sukabumi sesuai dengan UU tentang desa.

“Kita menjaga marwah kepala desa tetap netral sesuai aturan, adapun diluar kendali kami ada beberapa kepala desa yang melakukan kegiatan dukungan terhadap salah satu calon bupati dan wakil bupati. Kami sepenuhnya menyerahkan kepada pihak terkait dalam hal ini ada dalam kewenangan Bawaslu yang menjadi tugas kewajiban nya untuk memantau atau memanggil yang bersangkutan,” jelasnya. M. Rizwan /(Joy)

Artikel ini telah dibaca 225 kali

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A
Baca Lainnya