Headline

Selasa, 3 November 2020 - 06:22 WIB

8 bulan yang lalu

Milad Ke 7 Forwal Digelar di Bayah : Duduk Sama Rata, Berdiri Tanpa Raja

TBOnline [LEBAK] — ‘Duduk Sama Rata, Berdiri Tanpa Raja’ menjadi tagline dalam acara Milad Ke -7 Forum Wartawan Lebak (Forwal) yang digelar selama 2 hari, pada Sabtu (31/10) hingga Minggu (1/11) di Villa Suma, Kecamatan Bayah Barat, Kabupaten Lebak.Acara yang dihadiri para pimpinan dan puluhan anggota Forwal, tokoh dan pengusaha Lebak dan Lebak Selatan, Ketua PWI Lebak, Ormas Badak Banten, BPPKB, serta pengusaha Lebak, dimulai dengan memperhatikan protol kesehatan covid 19 dengan membagikan 1500 masker kepada masyarakat dan pengendara di seputar Jalan Raya Bayah-Malingping.

Puncak acara Milad Ke-7 Forwal ialah diskusi publik dan santunan bagi yatim piatu yang dilaksanakan pada Minggu (1/11).

Ketua Forwal Achmad Bahtiar dalam sambutannya, menyampaikan tagline ‘duduk sama rata, berdiri tanpa raja’ dimaknai sebagai kesetaraan dan keadilan bagi seluruh anggota Forwal.

“Bahwa saya sendiri tidak merasa bahwa saya adalah pimpinan, begitu juga bahwa saya tidak merasa bahwa saya adalah ketua. Karena disini kita sama-sama bahu membahu, berjuang bersama untuk kemaslahatan bersama,” jelasnya.Achmad Bahtiar juga mengisahkan awal nya Forwal hanya terdiri dari beberapa wartawan mingguan yang disebut Forwam.

“Jadi bisa dikata awalnya wartawan mingguan (Forwam), lalu menjadi Forwal. Alhamdulillah, yang tergabung sekarang ini dari media online, harian maupun mingguan,” katanya.

Ia juga berharap dengan Milad Ke 7 ini Forwal lebih dewasa dalam segala hal, termasuk dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Lebak

Ade KS (jongkok paling kiri) jurnalis TBO yang juga anggota Forum Wartawan Lebak (Forwal) dari Lebak Selatan (foto : ist)

Ade KS (jongkok paling kiri) jurnalis TBO yang juga anggota Forum Wartawan Lebak (Forwal) dari Lebak Selatan (foto : ist)

“Jadi bersinergi serta mengawal pembangunan dengan mengedepankan pemberitaan yang informatif, akurat dan terpercaya. Forwal ini sekarang diibratkan daun di pohon yang menguning, namun ada juga yang jatuh dan ada pula yang tumbuh. Misalnya selama 3 bulan Forwal di wilayah Lebak Selatan sudah lebih berkembang dan hampir berimbang dengan Rangkasbitung. Yang terpenting, gerakan Forwal bukan untuk menyombongkan diri sendiri,” pungkas Bachtiar.

Sementara itu tokoh sekaligus pengusaha asal Lebak, H. Agus Wisa Supriatna menjelaskan kedatangannya dalam Milad Ke 7 Forwal ini karena bangga perhatian Forwal kepada anak-anak yatim piatu.

“Saya kalau ketemu dengan wartawan manapun selalu baik, kalau di undang selalu hadir, tetapi terkadang saya ini masih juga dianggap kurang baik, tapi engga apa itu tantangan saya,” seloroh H. Agus.

Ketua Ormas Badak Banten, juga menyampaikan apresiasi nya atas penyelenggaraan Milad Forwal ke 7 ini.

“Karena bukan hura-hura, melainkan menyantuni anak yatim,” katanya.

Harapannya, semoga Forwal selalu bersinergi terutama di Lebak Selatan dan cukup dengan bergandengan dengan aparatur pemerintahan dan para pengusaha berikut dengan ormas yang ada di wilayah Lebak Selatan.

Ketua PWI Lebak, Fahdi Khalid atau yang akrab disapa Akew juga menyampaikan rasa syukur dan penghargaannya atas terselenggaranya Milad Ke 7 Forum Wartawan Lebak (Forwal).

“Saya mengharapkan Forwal tetap berkomitmen dengan titah atau marwah wartawan. ‘Warta’ adalah berita, dan ‘wan’ adalah orang, jadi kalau kita sambung adalah orang yang mencari berita. Dengan demikian tentunya perlu dibekali dengan pengetahuan, baik itu lewat pendikan atau otodidak. Untuk tahun ini di Forwal ada perwakilan yang sudah lulus uji kompetensi Wartawan,” katanya.

Akew pun mengisahkan dirinya sebagai saksi hidup, bagaimana perjalanan Forwal dari awal sampai tahun yang sekarang, dan itu menurutnya tidak mudah.

“Benar kata Ketua Forwal, tadinya bernama Forwam. Saya juga ikut memperhatikan, karena bagaimanapun kita semua adalah teman dan rekan satu profesi. Jadi tidak perlu dibedakan dia itu dari media mingguan, harian atau pun media online,” pungkas Akew. Ade KS & Suud

Artikel ini telah dibaca 242 kali

Baca Lainnya