Hukum Nasional

Tuesday, 22 October 2019 - 15:45 WIB

4 weeks yang lalu

Kantor Desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor [Foto: Istimewa]

Kantor Desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor [Foto: Istimewa]

Masih Layakkah Holil Melanjutkan Kepemimpinan di Sukamaju ?

TBonline [BOGOR] –  Penyalahgunaan anggaran desa dan bantuan hibah di Desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, menghinggap di penghabisan kepemimpinan Kades Holil tahun ini.

Informasi yang dihimpun Target Buser, pada pekerjaan rutilahu [rumah tidak layak huni] misalnya, warga penerima manfaat diduga tidak menerima utuh bantuan tersebut, alhasil kondisi fisik bangunan rutilahu ini pun tidak maksimal. “Semua sudah diatur desa, untuk rutilahu T.A 2017 misalnya, terdapat ratusan rumah yang mendapat bantuan ini namun sebagian besar kecewa dengan hasil pembangunannya. Sementara pihak desa kerap menyalahkan pelaksana [TPK] saja,” ungkap sumber Target Buser yang minta namanya tidak disebut.

Berbeda dengan sumber ini, pihak desa sendiri melalui Sekdes Ishaq mengklaim pembangunan rutilahu T.A 2017 lalu sudah berjalan maksimal, bahkan lanjutnya, Desa Sukamaju juga mendapat bantuan pembangunan rumah dari Program Presiden Jokowi dan juga Hibah Rutilahu pada tahun 2019 ini. “Untuk T.A 2019 ini kita mendapat bantuan sebanyak 12 rumah, dengan nilai Rp 10 juta untuk tiap rumah. Nilai ini sangat minim, karena setelah dipotong pekerja bangunan Rp 2 juta, otomatis untuk pembangunan rutilahu hanya tersisa Rp 8 juta saja,” kata Ishaq, Senin [21/10/2019] sekira pukul 13.40 Wib di Kantor Desa Sukajaya.

Selain persoalan rutilahu, ada juga tekait program bantuan raskin [beras miskin] atau rastra [beras sejahtera] yang dialokasikan bagi warga kurang mampu. “Pembagiannya tidak merata, kita bingung rujukan desa terkait daftar penerima manfaat raskin ini dari mana, karena banyak warga kurang mampu justru tidak mendapat bantuan beras ini,” tukas seorang warga Sukamaju.

Diketahui Kades Holil pada pemilihan Kepala Desa Sukamaju tahun 2019 ini maju kembali, meski banyak warga yang meragukan kepemimpinannya.

Informasi yang diterima redaksi, terdapat salah satu alat peraga kampanye [baliho] salah satu calon Kepala Desa Sukamaju yang bersaing dengan Holil pada Pilkades tahun 2019 ini dirusak oknum yang tidak bertanggungjawab. “Kita akan meneruskan kejadian ini kepada instansi berwenang,” pungkas salah satu tim pemenangan Oji. Red ***

 

Artikel ini telah dibaca 568 kali

Baca Lainnya