Berita Polisi

Kamis, 30 Juli 2020 - 19:17 WIB

3 bulan yang lalu

MAJU TERUS KEPOLISIAN RI – Kapolda Banten Pimpin Sidang Terbuka Kelulusan Penerimaan Taruna Akpol dan Tamtama Polri 2020

TBOnline [POLDA BANTEN] — Seleksi penerimaan Taruna/I Akpol dan Tamtama Polri T.A. 2020 telah mencapai puncak kelulusan setelah melewati berbagai macam tes yaitu pemeriksaan administrasi [rikmin], pemeriksaan kesehatan [rikkes], tes psikologi, tes jasmani dan tes akademik.

Kapolda Banten Irjen [Pol] Fiandar yang didampingi pejabat utama [PJU] Polda Banten memimpin sidang terbuka penentuan kelulusan tingkat panitia daerah [panda] dalam penerimaan taruna/I Akpol dan Tamtama Polri T.A. 2020 di Aula Serbaguna Mapolda Banten, Kamis [30/07/20]. Untuk Taruna/I dari tes terakhir berjumlah 15 orang, yang lulus ke tingkat pusat menjadi 5 orang yaitu 4 Taruna dan 1 Taruni, sedangkan untuk Taruna/I Tamtama Polri dari tes terakhir berjumlah 14 orang, lulus semua ketingkat pusat.

“Proses seleksi dapat berjalan baik hal ini dapat terwujud, bukan hanya karena adanya perbaikan kultur dan sistem seleksi yang terus dilakukan oleh polri, namun juga sangat ditentukan oleh tingginya integritas dan komitmen dari seluruh pihak, baik panitia seleksi, unsur pengawas, orang tua wali maupun dari para peserta itu sendiri, untuk benar-benar taat kepada prinsip BETAH yakni Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis,” ulas Kapolda Banten.

Ditambahkannya, tegaknya komitmen dan moralitas dari seluruh pihak, untuk mewujudkan penerimaan anggota polri yang clear and clean. “Saya yakin dan percaya, para peserta telah mengeluarkan kemampuan terbaiknya pada seleksi kali ini dan telah kita ikuti bersama sidang terbuka kelulusan tingkat panda untuk calon Taruna Akpol dan sidang kelulusan tingkat akhir untuk calon siswa Tamtama Polri,” jelas Fiandar.

Untuk itu, Kapolda Irjen Fiandar menyampaikan pesan kepada para calon Taruna Akpol yang dinyatakan lulus pada tingkat Panda, agar kesempatan ini hendaknya dijadikan momentum untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik, karena akan segera menghadapi persaingan yang lebih ketat pada seleksi tingkat pusat. “Kepada para calon siswa Tamtama Polri yang dinyatakan lulus, saya ingin mengingatkan untuk tetap menjaga fisik dan mental serta tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat kondisi Indonesia yang sedang beradaptasi dengan kebiasaan baru pada masa Pandemi Covid-19 ini,” ujar nya.

Fiandar kemudian menyampaikan kepada calon agar menjadikan seleksi yang telah ditempuh sebagai media untuk memperkaya pengalaman, sehingga lebih siap untuk kembali mengikuti seleksi pada masa yang akan datang. Sementara itu Kabidhumas Polda Banten, Kombes [Pol] Edy Sumardi mengatakan proses rekruitment Calon Taruna Akpol dan Tamtama konsisten menerapkan prinsip BETAH [BErsih, Transparan, Akuntabel dan Humanis]. “Pertama harus bersih, transparan, akuntabel dan juga humanis. Artinya, semua mekanisme sudah melalui jalur objektif berdasarkan pada hasil tes,” jelas Edy Sumardi.

Salah satu siswa yang lulus Tamtama Polri, Ahmad mengucapakan rasa sangat bahagia karena telah lulus. “Perjuangan saya selama bertahun-tahun daftar bisa tercapai cita-cita saya dari kecil menjadi polisi. Alhamdulillah bisa terwujud. Saya mendaftar polisi sudah 3 kali gagal  dari tahun 2016, 2018 dan 2019. Alhamdulillah tahun 2020 ini saya lulus, untuk proses penyeleksian sangat lah transparan, hasil setelah tes langsung diumumkan. Semua yang diperoleh ini atas kerja keras sendiri serta dukungan dan doa orang tua,” tutur Ahmad.

Naskah & Foto ; Kombes [Pol] Edy Sumardi [Kabid Humas Polda Banten]

Editor ; Redaksi TBO

Artikel ini telah dibaca 294 kali

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A
Baca Lainnya