Headline Nasional

Senin, 4 Januari 2021 - 08:23 WIB

3 minggu yang lalu

Fani Tamzona, Humas AMPeGe (Foto : TBO)

Fani Tamzona, Humas AMPeGe (Foto : TBO)

Lapangan Gelora Jadi Pusat Kuliner, Fani Tamzona : AMPeGe Ajak Semua Pihak Gencarkan Promosi Bangka Barat

TBOnline [BANGKA BARAT] — “Kuliner khas Kota Muntok selalu menunjukan kualitas cita rasa, walaupun di masa pandemi COVID-19 melanda negeri. Semangat para pedagang buktinya tidak pernah surut,” demikian disampaikan Fani Tamzona, Bidang Humas Anak Muntok Punya Gawe (AMPeGe) saat meninjau pusat promosi dan pusat kuliner Bangka Barat di Lapangan Gelora, beberapa waktu lalu.

Lapangan Gelora yang difungsikan sebagai pusat jajanan / kuliner Khas Bangka Barat (Foto : TBO)

Ditambahkan Fani, pelibatan AMPeGe dalam relokasi Pusat UKM Khas Muntok-Bangka Barat dari Terminal Lama (depan Masjid Jami’) ke Lapangan Gelora pada 29 Desember 2020 lalu sangat tepat, karena ikon kuliner budaya ini nantinya dapat dipromosikan lebih luas lagi.

“Pemkab Bangka Barat bersama AMPeGe menargetkan Lapangan Gelora dapat dijadikan tempat pusat jajanan untuk sekalian memperkenalkan kuliner Muntok. Apalagi kita pernah meraih rekor MURI pada 2010 dan sudah di hak paten kan dengan nama ‘1000 KUE’,” tandas Fani.

Antusiasme masyarakat dan pedagang menghidupkan kembali kuliner Khas Muntok (Foto : TBO)

Pria nyentrik berambut gondrong ini pun berharap kepada stakeholder terkait, seperti Kominfo Babar agar lebih efektif dalam mempromosikan budaya daerah.

“Tentunya juga dengan alokasi anggaran yang cukup memadai, hal ini tidak bisa dipungkiri karena kuliner kita sudah di kenal baik di tingkat nasional atau masyarakat internasional, Bangka Barat sebagai wisata Kota Tua (Old Town) haritage atau warisan sejarah dunia, apalagi presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno pernah diasingkan di tempat ini, makanan kue favorit beliau (Bung Karno) adalah Kue Pelite yang terdapat di Kota Muntok,” jelas Fani.

Kuliner Khas Muntok yang dijajakan warga (Foto : TBO)

Menurut Fani, alangkah miris dan disayangkan sekali apabila masyarakat seberang baik dari Palembang, Jambi, Bengkulu, Lampung dan kota-kota terdekat, ketika menyebrang melewati Pelabuhan Tanjung Api-Api ke Pelabuhan Muntok Tanjung Kalian, untuk hanya lewat saja, padahal pantai di Bangka Barat tidak kalah bagus nya dengan pantai lain di Indonesia.

Pantai Siangau di Parittiga, Bangka Barat (Foto : Ist)

“Misalnya Pantai Siangau yang terletak di Desa Teluk Limau, Kecamatan Parittiga-Kabupaten Bangka Barat, yang sangat keren dengan batu dan hamparan pasir yang panjang dan luas, berdampingan dengan pantai kecil juga, tanjungnya bagus, mangrove nya ada, spot sunset dan sunrise. Air selalu jernih, ada pemandangan bukit pala, dan Pantai Siangau langsung berhadapan dengan Laut Cina Selatan. Maka nya saya mengajak semua pihak di Bangka Barat untuk terus dan gencar melakukan promosi bagi daerah kita, baik dari sisi budaya maupun pariwisata di Bangka Barat,” tandasnya. Red

Artikel ini telah dibaca 151 kali

Baca Lainnya