Bangka Belitung

Minggu, 27 Desember 2020 - 06:06 WIB

4 bulan yang lalu

Lanal Babel Bersama KSOP Muntok, Gagalkan Penyelundupan 2 Kg Sabu di Pelabuhan Tanjung Kalian

TBOnline [BABEL] — Tim F1QR Posal Muntok, yang tergabung dalam Patkamla Menumbing dalam jajaran Lanal Babel bersama KSOP yang merupakan Tim Satgas Angkutan Laut Pelabuhan melakukan penyergapan terhadap salah satu penumpang KMP Menumbing Raya yang membawa narkotika jenis sabu di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok-Kabupaten Bangka Barat, Kamis (24/12/20).

Komandan Pos TNI AL (POSAL) Muntok, Kapten (Laut) Yuli Prabowo menuturkan kronologis penyergapan ini, ialah hasil kerjasama Tim F1QR Lanal Babel, KSOP Muntok dengan BNN Babel.

DanposAL Muntok, Kapten (laut) Yuli Prabowo (Foto: Ist)

“Dimana diperoleh informasi dari BNN,  bahwasanya ada salah satu penumpang KMP. Menumbing Raya yang diduga membawa paket narkoba jenis sabu, tengah menyeberang dari Tanjung Api-Api Sumsel menuju Tanjung Kalian Muntok,” kata Kapten (Laut) Yuli Prabowo.

Ditambahkan Yuli, sesaat setelah mendapat informasi, pihaknya membagi tugas dengan pihak KSOP.

“Kejadiannya sekitar pukul 14.30 Wib siang, saat baru turun dari kapal kita periksa penumpang satu per satu, ternyata ketemu seseorang dengan gelagat mencurigakan, kemudian yang bersangkutan kita bawa ke Pos AL untuk pemeriksaan, ternyata benar membawa narkotika jenis sabu, selanjutnya segera kita laporkan ke atasan,” jelas Yuli.

Narkotika jenis sabu yang diamankan, kata Yuli, seberat 2 Kg dengan nilai lebih kurang Rp3 Miliar.

Tersangka dengan barang bukti sabu berhasil diamankan (Foto : Fani Tamzona)

“Selanjutnya penumpang serta barang bukti diamankan ke Pos TNI AL Muntok untuk penyelidikan lebih lanjut bersama BNN dan Bea Cukai,” ujarnya.

Atas perintah Komandan Lanal (Danlanal) Babel Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo, tersangka dan barbuk berupa sabu 2 kg, handphone 2 unit dibawa ke Kantor Pomal untuk diserahterimakan kepada BNNP Pangkalpinang.

Hadir dalam kegiatan serah terima tersangka dan barbuk, Brigjen Pol Suparwoto (Ka. BNN Babel), Kolonel Dudik Kuswoyo (Danlanal Babel), Kombes Pol Purwoko Adi (Kabid Berantas BNN Babel), Mayor Undang Rohana (Pasintel Lanal Babel), Lettu Puji S. (Pjs. Dandenpomal Lanal Babel), Personil BNN Babel serta Personil Posal Muntok.

Berdasarkan penyelidikan awal diperoleh data tersangka penumpang berinisial AM asal Pangkalpinang usia 37 tahun, berdomisili di Pangkal Balam. Fani Tamzona

Artikel ini telah dibaca 178 kali

Baca Lainnya