Satu Komando

Selasa, 25 Agustus 2020 - 14:25 WIB

4 minggu yang lalu

Koramil 2213/Jampang Kulon Sosialisasikan Penggunaan Bios 44

TBOnline [KOMANDO SATU] — Koramil 2213/Jampang Kulon [Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi] melaksanakan sosialisasi penggunaan Bios 44 pada Demplot Bios Kelompok Tani Mekarsari serta cara pembuatan permentasi pupuk bios, hari ini Selasa [25/08/2020].

Giat ini sekaligus untuk menjelaskan jika Bios 44 dapat digunakan untuk meningkatkan ketahanan pangan pada sektor pertanian, perikanan dan peternakan. Dilansir dari galamedianews.com, Bios 44 pertama kali diciptakan oleh Kepala Staf Kodam [Kasdam] III/Siliwangi, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo beberapa tahun lalu. Pembuatan Bios 44 oleh prajurit sebagai bentuk kontribusi TNI untuk negeri. Untuk diketahui, manfaat dari cairan berisi mikroorganisme itu dapat menyuburkan lahan tandus menjadi tanah subur.

Dalam risetnya, Bios 44 juga berfungsi mengembalikan tanah bekas tambang yang merupakan lahan terbengkalai menjadi lahan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Meski sebelumnya, ide awal munculnya Bios 44 untuk mencegah kebakaran pada lahan yang mudah terbakar terutama lahan gambut.

Namun atas temuannya itu, Bios 44 ini  selanjutnya berkembang dan  digunakan untuk mengurai tanah tandus menjadi subur. Sekarang temuan prajurit itu bisa digunakan untuk pengembangan budidaya perikanan dan menyuburkan tanah untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

Naskah & Foto ; Pasiter Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi

Editor ; Redaksi TBO

 

Artikel ini telah dibaca 83 kali

Baca Lainnya