Kabupaten Sukabumi

Rabu, 28 September 2022 - 07:46 WIB

2 bulan yang lalu

Papan proyek (plang) pekerjaan rekonstruksi jalan-lapis latasir kelas B pada ruas jalan Cipamatutan-Sukatani, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi (Foto : Tbo)

Papan proyek (plang) pekerjaan rekonstruksi jalan-lapis latasir kelas B pada ruas jalan Cipamatutan-Sukatani, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi (Foto : Tbo)

Kontraktor Proyek Rekonstruksi Jalan-Lapis Latasir Kelas B di Parakan Salak Diduga “Pinjam Bendera”

TBOnline, SUKABUMI ¤ Pekerjaan Rekonstruksi Jalan – Lapis Latasir Kelas B pada ruas jalan Cipamatutan – Sukatani, Kecamatan Parakansalak, oleh Satuan Kerja (Satker) Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi yang terkoreksi senilai Rp 805.629.204,66 oleh pelaksana CV. Saka Utama, diduga dialihkan kepada pihak lain (sub kontrak), informasi ini didapat TBO dari seorang pekerja di lapangan.

“CV. Saka Utama mah dari Pelabuhan Ratu itu kontraktor utamanya, kalau yang mengerjakan (perusahaan) sini,” tutur sumber TBO, Senin (26/9/2022).Diketahui, dalam Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) sebagaimana telah diubah dalam Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021, praktek sub kontrak (pinjam bendera -red) bukan menjadi hal yang dilarang dalam pengadaan barang/jasa pemerintah, karena dapat dinilai sebagai kualifikasi, dapat dinilai sebagai unsur evaluasi teknis, dan menjadi hal yang diatur dan dapat dilakukan dalam beberapa ketentuan di Perpres PBJP. Namun terkait sub kontraktor dan kontraktor utama ini, PPK telah memperhatikan batasan-batasannya sejak tahapan perencanaan, persiapan, hingga pelaksanaan. Karena jika tidak ada bagian pekerjaan yang disubkontrakkan sejak penawaran, kemudian tidak ada dalam kontrak, tiba-tiba di pelaksanaan terdapat pekerjaan yang disubkontrakkan, hal ini menjadi pelanggaran yang wajib dikenakan sanksi.

Selain dugaan di subkontrakkan (pinjam bendera), proyek ini juga diduga menggunakan material di bawah standar, seperti pada batu yang digunakan untuk memperbaiki jalan. Hingga berita ini diturunkan, TBO sudah mencoba mengklarifikasi pihak yang diduga menjadi sub kontrak dalam pekerjaan ini, namun yang bersangkutan tidak berada di tempat.Dilansir dari laman LPSE Kabupaten Sukabumi, selain pekerjaan Rekonstruksi Jalan-Lapis Latasir Kelas B senilai Rp 805.629.204,66, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi pada tahun 2022 ini juga mengadakan kegiatan pekerjaan Pembuatan Tembok Penahan Tanah Ruas Jalan Cipamatutan – Sukatani, Kecamatan Parakansalak, yang dimenangkan CV. Putra Perkasa Prima dengan pagu anggaran senilai Rp 150.000.000 dengan hasil negosiasi Rp 146.230.000. gun 

Artikel ini telah dibaca 242 kali

“Kebaikan Berawal dari Sini” Danone-AQUA
Baca Lainnya