Kabupaten Luwu Timur

Selasa, 28 November 2023 - 15:29 WIB

3 bulan yang lalu

Kapolres Luwu Timur Akan Tindak Lanjuti Aktivitas Tambang Galian Tanah Tanpa Izin di Burau

TBOnline, LUWU TIMUR ¤ Kapolres Luwu-Timur AKBP Silvester.M.M.Simamora,S.IK,M.H merespon cepat informasi melalui pemberitaan www.targetbuser.co.id sebelumnya terkait adanya aktifitas galian tanah merah di Desa Benteng Kecamatan Burau Kabupaten Luwu-timur Provinsi Sulawesi-Selatan.Hal tersebut dikatakan Kapolres Luwu-Timur saat dihubungi melalui nomor WhatsApp nya.

“Terimakasih informasinya,segera ditindaklanjuti”, tegasnya 28/11/2023.

Aktifitas tambang galian tanah tersebut diketahui sudah berjalan sudah sekitar dua pekan.pemilik lahan yang dikonfirmasi beberapa waktu lalau di lokasi mengaku sudah meminta ijin sebelumnya ke Pihak Kepolisian sektor Burau.ia berdalih jika aktifitas yang menggunakan alat berat eksavator tersebut hanya untuk meratakan tanah karena ingin dibangun rumah tempat usahanya nanti bukan untuk dijual.

“Kami sudah sampaikan ke Polsek Burau minta ijin karena tanahnya tidak dijual hanya mau diratakan karena mau ditempati bangun rumah tempat usaha” kata sahril pemilik lahan yang ditemui di lokasi beberapa waktu lalu.

Hal tersebut juga dibenarkan Kapolsek Burau IPTU Andi Muhtar.

“Itu lokasinya sendiri hanya dikasi rata untuk bangun ruko tanahnya tidak dijual luasnya juga hanya 20×30 meter” ujar Kapolsek.

Namun faktanya sejumlah warga yang ditemui awak media mengaku membeli tanah tersebut dengan harga bervariatif mulai 100 hingga 150 /ret sesuai jarak .

Aktifitas tersebut jelas melanggar Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.ancaman hukumannya juga tidak main-main yakni pidana penjara 5 tahun dan denda Rp.100 miliar. Lukmansyah

Artikel ini telah dibaca 325 kali

Baca Lainnya