Nasional

Sabtu, 12 September 2020 - 11:45 WIB

2 minggu yang lalu

Kadistan Pandeglang Klarifikasi Lahan Peternakan PT Barokah Bersaudara di Saketi

TBOnline [PANDEGLANG] — Kadis Pertanian Kabupaten Pandeglang, Budi Januardi mengklarifikasi terkait dugaan alih fungsi lahan persawahan seluas lebih kurang 12 hektar yang digunakan PT Barokah Bersaudara untuk usaha peternakan ayam di wilayah Desa Sodong, Kecamatan Saketi-Kabupaten Pandeglang.

Menurut Budi, lahan yang dipakai PT Barokah merupakan lahan darat dan bukan lahan persawahan.

“Itu bukan sawah, melainkan lahan darat,” katanya, Sabtu [12/09/2020].Keterlibatan pihak Dinas Pertanian, lanjut Budi, sesuai amanat kementerian pertanian [Kementan] hanya pada kajian analisis resiko pada unggas atau ayam milik PT Barokah.

“Dari hasil kajian kita resikonya rendah [low risk] terhadap penyakit,” tukasnya.

Adapun permasalahan yang mengemuka, terkait longsoran tanah milik PT Barokah yang masuk ke area sawah milik warga, menurut Budi sudah teratasi.

“Disitu ada sekitar 3 peternakan ayam yang lokasinya berdekatan. Adapun PT Barokah Bersaudara akibat pandemi Covid 19, sempat menghentikan aktivitas pembangunan peternakan ayam miliknya. Ketika turun hujan, mengakibatkan tanah luruh ke area sawah warga. Namun kondisi ini sudah diatasi pihak perusahaan,” ujar Budi. Sebelumnya beredar kabar yang menyebutkan PT Barokah Bersaudara melakukan alih fungsi lahan sawah untuk usaha peternakan ayam miliknya.

Dugaan mencuat, PT Barokah Bersaudara memanfaatkan belum terbitnya peraturan daerah [Perda] Kabupaten Pandeglang tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan [LP2B].

“Terkait Perda LP2B masih dalam tahap proses [on progress] saat ini kita tengah melakukan kerjasama dengan melibatkan Institut Pertanian Bogor [IPB] untuk kajian akademik,” sebut Budi. Tim Pandeglang

Artikel ini telah dibaca 328 kali

Baca Lainnya