Headline

Kamis, 4 Januari 2018 - 21:00 WIB

3 tahun yang lalu

Jawaban KPU RI untuk surat KPU Jabar terkait Tambahan Waktu Untuk Cek Kesehatan Paslon

TB-Onkine, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menolak permintaan tambahan waktu cek kesehatan untuk pasangan calon yang diajukan KPU Jawa Barat. Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengatakan pihaknya tidak bisa mengubah peraturan KPU hanya karena satu daerah pemilihan.

“Tidak ada (perpanjangan waktu) kita tidak bisa melakukan perpanjangan dan merubah peraturan KPU hanya untuk satu daerah,” ujar Ilham di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2018).

Ilham mengatakan pemeriksaan kesehatan pasangan calon harus dilakukan di rumah sakit tipe A. Bila tidak terdapat rumah sakit tipe A, maka dapat melakukan pemeriksaan di rumah sakit tipe B di tingkat provinsi.

Hal ini sesuai dengan SK KPU Nomor 231 Tahun 2017 tentang petunjuk teknis standar kemampuan jasmani dan rohani serta standar Pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Wali Kota.

“Karena memang di Jawa Barat hanya ada rumah sakit A hanya ada satu sementara dalam aturan kita yang (rumah sakit) tipe B juga nggak punya di Jawa Barat,” kata Ilham.

Ia mengatakan jika rumah sakit tipe A dan tipe B yang ada kurang, maka Jawa Barat dapat direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan di provinsi lain.

“Sementara jika kondisi demikian bisa direkomendasi di provinsi lain,” ujar Ilham.

Sebelumnya Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan akan mengajukan permohonan ke KPU RI untuk menambah waktu cek kesehatan pasangan calon (paslon). Ia mengungkapkan, ada satu kendala yang dihadapi KPU Jabar. YS/DC

Artikel ini telah dibaca 450 kali

Jangan Lupa Tanggal 9 Desember 2020, Pilih Pasangan AMAN nomor 1 ( Adjo – Iman )
Baca Lainnya