Nasional

Selasa, 14 Juli 2020 - 10:07 WIB

2 bulan yang lalu

Jadi Tonggak Sejarah, Ormas M1R Salam Sarane Laksanakan Deklarasi Pertama di Bogor

TBOnline [BOGOR] — Bertempat di Villa Sigaol Desa Taman Sari, Kecamatan Tamansari-Kabupaten Bogor dilaksanakan Rakernas Ormas Maluku Rasa Satu [M1R] Salam Sarane, Sabtu [11/07].

Rakernas yang dipimpin Ketua Umum Yoel Yoppy Pati ini menjadi tonggak sejarah karena baru pertama kali diselenggarakan. “Agenda utama dalam rakernas ialah membahas program kerja pada masing-masing bidang serta pengurus untuk wilayah kabupaten dan kota seluruh Indonesia,” ungkap Yoel Yoppy Pati yang didampingi Sekjen Maun Sangaji.

Ketua Dewan Pengawas dan Pertimbangan DPP M1R Salam Sarane Letkol [Purn] Michel Sopacua dalam sambutan awalnya mengungkapkan rasa terima kasih untuk para peserta yang hadir dalam rakernas kali ini. “Dimana peserta meninggalkan keluarga dan juga pekerjaan khususnya yang datang dari luar wilayah Bogor, hanya untuk memberikan support dan dukungan terselenggaranya Rakernas M1R Salam Sarane,” katanya.

Michel yang tercatat sebagai Calon Walikota Ambon periode 2022-2027 ini juga mengapresiasi sosok Rasmi Hasibuan, salah satu pengacara kondang yang bersedia ditunjuk sebagai penasehat hukum M1R Salam Sarane untuk wilayah Bogor. “Walaupun beliau [R. Hasibuan –red] berdarah Batak, namun tuhan lah yang menghadirkan dirinya untuk bergabung di dalam organisasi M1R Salam Sarane sebagai penasehat hukum,” ujarnya.

Michel juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPC Kabupaten Bogor Rudi Rasikotta yang telah menyediakan tempat untuk menyukseskan acara Rakernas M1R Salam Sarane ini, juga kepada para undangan khusus nya perwakilan dari DPC PWRI Kabupaten Bogor sebagai tim dari media.

Sementara, R. Hasibuan, mengungkapkan penghargaan dan suport kepada anggota M1R di seluruh Indonesia. “Sekali layar membentang pantang kita untuk bersurut, dan mari kita junjung tinggi nama baik organisasi, sudah kita bentuk ringan sama dijinjing berat sama dipikul,” pungkas Hasibuan.

Sekilas Pendirian M1R Salam Sarane, Deklarasi Dihadiri Sekda Bogor

Bertempat di gedung serbaguna Laga Tangkas Stadion Pakansari Bogor, masyarakat Maluku yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, terutama wilayah Jabodetabek menggelar deklarasi Maluku Satu Rasa Salam Sarane [M1R Salam Sarane] dengan mengusung tema ‘Membangun Kearifan Lokal Nusa Ina Tanah Maluku Untuk Indonesia’, Sabtu [28/09/2019].

Ketua Umum Maluku 1 Rasa Yoel Yacob Patty mengatakan kepada awak media media bahwa mengusung konsep yang telah diwariskan oleh para leluhur pendahulu yang disebut ‘Pela Gandong’ atau Satu Rasa, maka timbul keinginan agar semua masyarakat Maluku dimanapun berada melebur menjadi satu dalam satu organisasi M1R ini. “Karena dengan M1R tersebut bukan hanya sebagai organisasi saja melainkan sebagai sebuah wadah kekeluargaan dan sarana pemersatu putra dan putri Maluku yang beranekaragam latar belakangnya dan tersebar di beberapa daerah di Indonesia, untuk berkumpul bersama tanpa membeda-bedakan latar belakangnya, terutama agamanya. Karena berdasarkan ‘Salam Sarane’, kami berharap bahwa perbedaan agama yang ada di tanah Maluku antara salam yang artinya Muslim dan Sarane yang artinya Kristen bisa menyatu padu dalam ikatan tali persaudaraan satu kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tukas Yoel Yacob Patty.

Oleh karena itu, lanjutnya, M1R hadir sebagai perekat dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan menjunjung tinggi sikap toleransi antara satu sama lain.

Menanggapi isu-isu konflik yang terjadi belakangan ini, ia mengatakan bahwa dirinya juga sangat menyayangkan konflik-konflik dan isu perpecahan yang terjadi akhir-akhir ini di beberapa daerah. “Melalui M1R ini kami berkomitmen dan bergandengan tangan dengan organisasi kemasyarakatan yang lain untuk bersinergi bahwa apapun organisasinya, kita semua berada dibawah naungan NKRI. Untuk itu kami berharap agar masyarakat terutama masyarakat Maluku bersama-sama saling menjaga rasa damai dalam kebhinekaan karena kita semua bersaudara, dan dengan bersama-sama pula kita membangun kearifan lokal terutama pulau Maluku untuk negara Indonesia yang kita cintai ini,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah [Sekda] Kabupaten Bogor Burhannudin yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut gembira dengan dideklarasikannya Maluku 1 Rasa. “Keluarga organisasi masyarakat yang telah terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik [Kesbangpol] Pemerintah Kabupaten Bogor telah bertambah dengan hadirnya M1R ditengah-tengah kita,” ujar sekda.

Mudah-mudahan kedepannya organisasi–organisasi tersebut, bisa bersama-sama memajukan kuantitas dan kualitas organisasi, tetapi juga dalam berbangsa dan bernegara. “Sehingga akan menguatkan atau mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa ini yang mengacu pada slogan NKRI harga mati. Dan memang semua anak bangsa berhak untuk menikmati atau mencicipi “kue” pembangunan, itu yang terpenting. Pembangunan dari sabang sampai merauke bukan hanya stabil dan bertumbuh, tetapi juga merata. Sehingga semua anak bangsa bisa berdiri sama tinggi, duduk sama rendah, dan maju bersama,” ucapnya.

“Untuk itu, saya mengajak kepada semua organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Bogor agar mari membangun Kabupaten Bogor supaya lebih maju karena apapun itu bendera organisasi nya, kita sama-sama anak bangsa dan apa yang kita lakukan demi kemajuan bangsa ini kedepannya”, pungkas Sekda Burhannudin.

Foto & Naskah ; PM Hutabarat [Humas M1R DPC Kabupaten Bogor]

 

Artikel ini telah dibaca 669 kali

Baca Lainnya