Nasional

Selasa, 2 Maret 2021 - 11:01 WIB

2 bulan yang lalu

Harga Gabah Terjun Bebas, Petani Malingping Terancam Rugi

TBOnline [LEBAK] — Harga jual gabah yang tidak sebanding dengan modal dan biaya produksi (pra panen) dikeluhkan sejumlah petani di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak-Banten.

Lahan sawah pertanian di Malingping (Foto : Ist)

Informasi yang dihimpun TBO, para petani Malingping kesulitan karena harga jual gabah ke tengkulak hanya dikisaran harga Rp3500 hingga Rp3700 per kilogram.”Harganya murah banget, setiap saya tawarkan ke tangkulak rata-rata harganya segituh, kalau sebelumnya masih mending sekitar Rp4.000 per kilogram,” tutur salah seorang petani.

Ini akan membuat para petani di Malingping mengalami kerugian yang sangat besar.

“Jelas rugi, harga gabah kalau dibawah Rp4000, karena tidak seimbang dengan biaya yang kami keluarkan. Apalagi tahun ini kami kesulitan mendapatkan pupuk subsidi yang akhirnya kami terpaksa membeli pupuk non subsidi yang harganya dua kali lebih mahal,” jelasnya.

Para petani Malingping berharap, pemerintah segera turun tangan mengatasi kesulitan terkait harga gabah ini dan segera mencarikan solusi, jangan selalu membuat sulit para petani, saat padi harus di pupuk, pupuknya langka, saat panen juga harga gabahnya murah. Ade KS /(FB) 

Artikel ini telah dibaca 152 kali

Baca Lainnya