Berita Daerah

Jumat, 25 Februari 2022 - 17:43 WIB

9 bulan yang lalu

Hadiri Panen Perdana, Wabup Iyos Apresiasi Program GM3 di Pasirhalang

TBOnline [SUKABUMI] — “Ini merupakan program dan tidak lanjut daripada pencapaian visi misi Kabupaten Sukabumi di mana kita ingin menciptakan masyarakat Sukabumi yang relijius, inovatif, sejahtera lahir dan batin, dengan misi meningkatkan SDM yang beriman, berbudaya dan berakhlak serta berdaya saing,” ungkap Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, saat menghadiri panen perdana tanaman bawang daun bersama Forkopimcam Sukaraja di Taman Herbal Bejo, Kampung Tugu, Desa Pasir Halang, Kecamatan Sukaraja, Kamis (24/02/2022).

Taman Herbal Bejo ini tergolong unik dan inovatif, karena berada di lahan pekarangan masjid dan musholla, yang digagas Pemdes Pasirhalang sebagai bagian dari Gerakan Memakmurkan Menghijaukan Masjid dan Musholla (GM3).

Wabup Iyos bahkan memuji program GM3 yang diinisiasi Pemdes Pasirhalang ini dan berharap kegiatan serupa bisa ditiru wilayah lain di Kabupaten Sukabumi.

“Manfaatnya hari ini, yang paling penting setelah panen perdana ini akan ditularkan dan disebarkan kepada para pengurus DKM yang ada di Desa Pasirhalang,” lanjut Iyos.

Menurut Iyos, dalam program GM3 ini perekonomian ditopang dengan fokus menanam sayuran di pekarangan masjid dan musholla, sehingga para jemaah yang beribadah juga bisa ikut berkontribusi sehingga hasil panennya bisa dinikmati bersama.

Sementara itu, Kades Pasirhalang RM. Yusuf Poernama menyampaikan bahwa cikal bakal kegiatan ini, hampir 100 persen bermula dari Desa Pasirhalang.

“Ini salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari situasi dan kondisi hari ini sehingga lahir inovasi terkait dengan pemanfaatan lahan perkarangan masjid (GM3) ini,” kata Yusuf.

Dihadapan Wabup Sukabumi, lanjut Yusuf, ia menjelaskan bahwa Taman Herbal Bejo ini berada di tanah desa dengan luas kurang lebih 16 ribu meter, bahkan kegiatan ini pun sudah dilaksanakan oleh tim penggerak PKK Provinsi Jawa Barat terkait pemanfaatan lahan posyandu pada saat itu.

“Hari ini perlu kami sampaikan bahwa ini adalah salah satu upaya kami Pemdes Pasirhalang menyangkut kesejahteraan para pengurus DKM. Kami bersama MUI Desa Pasirhalang berinovasi bagaimana bisa para pengurus DKM ini terbantu perekonomiannya, maka lahirlah pemanfaatan pekarangan masjid melalui sistem taman pakai polybag, ini cikal bakal lahirnya GM3,” terang Yusuf. Rizwan (joy)

Artikel ini telah dibaca 432 kali

“Kebaikan Berawal dari Sini” Danone-AQUA
Baca Lainnya