Gunakan ADD, Palama Genjot Pembangunan Embung

EMBUNG: Sejumlah pekerja sedang melakukan pengerjaan pembangunan Embung di Dusun Nggerukopa, Desa Palama, Kecamatan Donggo.

TB- Online, Bima

Desa Palama, Kecamatan Donggo terus menggencarkan pembangunan infrastruktur pedesaaan. Salah satunya untuk pembangunanan sarana irigasi dan embung di Dusun Nggerukopa. ‘’ADD tahun ini kita prioritaskan untuk pembangunan embung,’’ ujar Kepala Desa Palama, Fitonah saat ditemui di lokasi pengerjaan embun Dusun Nggerukopa, kemarin.

Kata dia, di tahun 2018 pemerintah setempat mengalokasikan ADD sebesar Rp 120 juta. Anggaran tersebut untuk mendorong percepatan pembangunan juga mendorong peningkatan ekonomi masyarakat setempat. ‘’Embung ini berfungsi untuk pengairan sawah. Jadi kedepan petani bisa bertani selama tiga musim,’’ tuturnya.

Fitonah mengaku, sebelum embung di Dusun Nggerukopa diperbaiki, petani sawah di desa setempat sangat sulit mendapat pasokan air yang mengairi sawah mereka. ‘’Dulu petani hanya bertanam di sawah selama dua kali, sekarang sudah bisa tiga kali. Karena air sudah tercukupi dengan dibangunnya embung ini,’’ jelasnya.

Dia juga mengaku, fungsi embung yang dibangun tersebut tidak hanya untuk mengairi sawah. Namun, pemerintah setempat berencana akan melakukan pembibitan ikan. Sehingga kedepan kegiatan masyarakat di desa setempat banyak. ‘’Insya Allah, akan banyak kegiatan yang menggairahkan roda ekonomi masyarakat kedepan. Kita berharap embung ini menjadi pendongkrak utama,’’ pungkasnya.  Sirat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *