Nasional

Senin, 14 Desember 2020 - 14:53 WIB

1 bulan yang lalu

DPP Surosowan Indonesia Bersatu, Tekankan Pentingnya Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

TBOnline [JAKARTA] — Ormas (Organisasi Masyarakat) DPP Surosowan Indonesia Bersatu, berpandangan kondisi bangsa saat ini sudah jauh dari nilai-nilai kebangsaan, jika generasi muda tidak membekali dan menghayati dengan baik apa arti sebuah nasionalisme, maka kebhinekaan di negeri ini mulai terkikis oleh waktu.

Demikian disampaikan Ketua DPP Surosowan Indonesia Bersatu, Tb Uuy Faisal Hamdan saat berdiskusi dengan media di Jakarta, Minggu (13/12/2020).

Lebih lanjut Tb Uuy Faisal Hamdan menjelaskan, bahwa Surosowan hadir sebagai wadah Ormas (Organisasi Masyarakat) yang fokus dalam bidang sosial kemasyarakatan, mencakup bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan kebudayaan.

“Disini berkumpulnya para tokoh masyarakat, alim ulama, kyai, tokoh akademisi, dan para profesi lainnya. Artinya di ormas ini semua terdiri dari latar belakang yang berbeda, serta di Ormas Surosowan terjalin komunikasi dengan para paguyuban keraton nusantara, guna membangun, memperkuat, dan memperkokoh kearifan lokal dan budaya baik di tingkat nasional maupun ditingkat internasional sebagaimana Indonesia sebagai negara maju dan modern,” papar Tb Uuy Faisal Hamdan, yang juga berprofesi sebagaj seorang advokat muda asal Kabupaten Lebak, Banten ini.

Kondisi bangsa yang kita amati sekarang ini, salah satu efek dari kurikulum pancasila dan kewarganegaraan di bangku sekolah ditiadakan.

“Maka kami mengapresiasi, menawarkan solusi agar mengenai Pancasila dan kewarganegaraan dimasukkan lagi di bangku sekolah, dimulai dari tingkat Sekolah Dasar, SMP, SMA, sampai ke Perguruan Tinggi,” tandasnya.

DPP Surosowan Indonesia Bersatu hingga kini tercatat telah membangun komunikasi dengan Lembaga MPR RI.

“Kami mendukung program MPR yakni empat pilar untuk generasi milenial. Kami mendukung kegiatan PBNU (istilah lain empat pilar, dengan singkatan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945). Kami lebih fokus untuk lebih menekankan kepada generasi milenial karena pemahaman mereka sangat kurang, mungkin efek dari ditiadakannya kurikulum tersebut di Sekolah. Empat pilar PBNU inilah yang harus kita galakkan kembali”, katanya.

Dalam waktu yang sudah diagendakan, Insya Allah DPP Surosowan Indonesia Bersatu, akan turun ke wilayah Indonesia Bagian Tengah, dan Wilayah Indonesia Bagian Timur, mensosialisasikan pentingnya saat ini masyarakat Indonesia yang berhadapan dengan kondisi atau tantangan global.

“Sosialisasi empat pilar ini sangat penting sebagai pengkayaan Wawasan Kebangsaan, karena masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agama, serta munculnya pemahaman agama yang keliru dan sempit, seperti munculnya radikalisme dan terorisme, selain itu antisipasi masih adanya pengabaian terhadap kepentingan daerah dengan timbulnya fanatisme kedaerahan, sehingga muncul daerah yang ingin memisahkan diri dari NKRI”, tutup Uuy. Ade KS

Artikel ini telah dibaca 148 kali

Baca Lainnya