Headline Nasional

Monday, 13 November 2017 - 00:49 WIB

2 years yang lalu

Dituding Serobot Lahan PT SNN, Bubun Jalani Vonis

Target Buser, Sukabumi

Lapas Nyomplong digeruduk ratusan petani Kampung Pasir Datar, Desa Pasir Datar Indah, Kecamatan Caringin, Sukabumi, pada Jumat (27/10) lalu. Kedatangan petani yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI) ini untuk mengawal rekan mereka, Bubun Kusnadi yang divonis 30 hari tahanan oleh Pengadilan Tinggi karena dituduh melakukan penyerobotan lahan PT. Surya Nusa Nadicipta (SNN).

Ratusan petani yang mengawal Bubun hingga depan pintu Lapas Kelas II Nyomplong Kota Sukabumi ini datang dengan membawa spanduk dan bendera Serikat Pekerja Indonesia (SPI).

Rozak, Ketua DPC Serikat Petani Indonesia (SPI) meyakinkan para petani bahwa penahanan Bubun adalah bumbu dari perjuangan para petani sehingga untuk petani ini sebagai bentuk semangat, jangan sampai mundur dalam perjuangan apapun resikonya. “Hari Ini kita mengantar kawan kita pak Bubun yang telah mendapat kriminalisasi dari pihak perusahaan, kehadiran para petani ini hari adalah sebagai bentuk solidaritas terhadap pak Bubun,” tukas Rozak.

Pantauan Tabu dilokasi, selain para petani, terdapat juga Camat Caringin, Boyke Marthadinata yang mengantarkan Bubun ke Lapas Nyomplong. Camat mengaku bahwa dirinya diminta oleh Bubun untuk mengantarkannya bersama dengan ratusan warga lainnya ke Lapas Kelas II Nyomplong, Kota Sukabumi. Dirinya pun sempat menjelaskan kepada warga dan meyakini warga bahwa Bubun mendapatkan perlakuan yang baik selama di dalam Lapas dan menjamin bahwa Pak Bubun dalam kondisi yang baik. “Warga ini hanya mengantarkan saja sebagai rasa simpatik karena disana bubun dikenal baik oleh warga,” pungkas Boyke. Selain Camat Caringin, juga tampak Kades Pasir Datar Indah, Asep Sopian. (ai minarsih)

Artikel ini telah dibaca 302 kali

Baca Lainnya