Headline Polres Bangka Barat

Senin, 12 Maret 2018 - 08:06 WIB

4 tahun yang lalu

Dengan Metode Penguatan Pendidikan, SD Negeri Cipayung 1 Depok Siap Angkat Prestasi Sekolah

Depok, Target Buser Online

Sekolah Dasar Negeri Cipayung 1 Depok beralamatkan di jl. Jl. Raya Jembatan Serong No.16, Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat merupakan salah satu 10 sekolah dasar negeri di Depok yang ditunjuk menjadi sekolah model, sekoi lah dengan peningkatan standar kelulusan dan standar proses ditambah dengan peningkatan kinerja guru yang mengikuti pembinaan dan pelatihan serta workshop yang sesuai berdasarkan standar dari Kemendiknas RI untuk mencapai nilai tertinggi kelulusan.

SDN Cipayung 1 Depok , mengelola perpustakaan siswa, dan untuk minat baca, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok melakukan Supervisi di 5 Perpustakaan Sekolah yang bertujuan membantu pengelolaan perpustakaan yang mulanya manual menjadi digital.

Digital dimaksud adalah menginstalkan aplikasi perpustakaan, salah satunya SDN Cipayung 1 Depok.

Mujaya, S.Pd (Kepala SDN Cipayung 1 Depok

” Untuk lebih memudahkan pengelola perpustakaan sekolah dan perpustakaan menemukan kembali buku buku yg diinginkan serta memudahkan pustakawan untuk mengelola buku yang ada,” ujar Mujaya, S.Pd, kepala sekolah SD Negeri Cipayung 1 Depok di ruang kerjanya. Dengan metode aplikasi ini diharapkan setiap murid minat membaca merasa betah dan terangsang guna menambah wawasan ilmu pengetahuan diluar kelas.

“Berbicara prestasi, SDN Cipayung 1 Depok dalam meraih prestasi, cabang olahraga atletik meraih juara pertama dan ikut lomba ke tingkat kota, kemudian pencak silat, dan lainnya masih belum mencapai target, kami akan terus menggalakkan program kedua cabang untuk pelajaran ekstrakurikuler, tuturnya. “ Kami juga merencanakan pelajaran ekskul ialah olahraga bulutangkis yang mana di wilayah Cipayung ini jenis olahraga bulu tangkis masih sedikit peminatnya,” sambung Mujaya.

Disamping itu, peningkan prestasi guru, SDN Cipayung 1 Depok memberikan pelatihan Informasi & Tekhnologi (IT) kepada guru guna memberikan laporan nilai hasil semester menggunakan komputer, SDN Cipayung 1 Depok ditunjuk sebagai K3S dimana saat ini UPT Pendidikan telah dihapus. “ Setiap laporan yang berkaitan dengan kegiatan K3S akan dilaporkan via komputer atau laptop, kedepan laporan secara tertulis mungkin akan ditinggalkan, ” ujarnya.

Begitu juga dengan kegiatan keagamaan, lanjut Mujaya, dengan sistem Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) melaksanakan kegiatan keagamaan seperti Maulid Nabi Muhammad SAW baru-baru ini, dan penguatan pendidikan karakter dengan shalat berjamaah di mesjid Assalam serta setiap murid dianjurkan untuk akitf mengunjungi untuk membaca buku di perpustakaan (literasi), selain itu praktik 3 S yaitu, Senyum, Salam dan Sapa terhadap guru dan karyawan.
SD Negeri Cipayung 1 Depok dibangun sekitar tahun 1960 an, didirikan diatas lahan kl. 500 m2, kini memiliki 727 murid, 19 staf pengajar PNS dan Honorer, 18 rombel, 2 tenaga perpustakaan, 1 tenaga Satpam, 1 tenaga penjaga sekolah dan 1 tenaga operator.

Tahun ini SDN Cipayung 1 mendapat akreditasi A, dan sebagian kelas melaksanakan Kurikulum 2013.“ Kami berharap dapat penambahan lokal kelas yang akan dibangun vertikal agar tidak ada lagi belajar siang hingga sore,” ujarnya.

Di tahun 2018 kami fokus kepada perpurtakaan dan standar proses , standar kelulusan, menurutnya, standar proses adalah guru harus membuat RPP, silabus dan lain sebagainya dengan menggunakan berbagai macam metode, kemudian standar kelulusan adalah, pelajaran matematika 6, IPA 6, bahasa Indonesia 6, “ itu adalah sasaran pokok kami untuk penguatan pendidikan di sekolah ini,” terangnya. Freddy / Aswandi

Artikel ini telah dibaca 2628 kali

Baca Lainnya