Datangi Kantor UPLB PT Timah, Masyarakat Pantai Romodong Tolak Masuknya PIP

Perwakilan masyarakat dan nelayan Pantai Romodong mendatangi Kantor UPLB PT Timah

TBOnline-(BANGKA) Masyarakat sekitar Pantai Romodong, Kelurahan Bukit Ketok, Belinyu beserta nelayan setempat mendatangi Kantor Unit Penambangan Laut Bangka (UPLB) PT Timah, Jumat (14/12/2018) kemarin. Kedatangan warga beserta nelayan ini mendesak agar PT Timah segera menyetop kegiatan penambangan di Pantai Romodong, selain itu warga menduga terdapat pemalsuan tandatangan dalam menyetujui masuknya PIP (Ponton Isap Produksi) diwilayah laut mereka. “Karena ada warga yang sudah meninggal namun tandatangannya masih dipakai, kemungkinan pengajuan lama di tahun 2016 ditukar tahun 2018,” ungkap seorang warga.

Hingga berita ini naik, Kepala UPLB PT Timah Erwin belum dapat dimintai keterangan, selain itu pertemuan pun dilakukan secara tertutup dan steril dari media. “Karena hak saya untuk tidak mau diambil dokumentasi,” ujar Erwin kepada TBO.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya pada November 2018 lalu, sejumlah Perwakilan Nelayan dan Masyarakat Belinyu Bersatu (PNMBB) sempat menolak rencana masuknya tambang inkonvensional (TI) apung dan TI Tower ke perairan laut pantai  Romodong Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka. ”Jadi Siapapun yang memfasilitasi masuknya ponton isap, kami nelayan tetap menolak kegiatan penambangan di perairan pantai wisata Romodong. Berdasarkan informasi yang kami terima rencananya TI apung dan TI Tower yang akan masuk situ, tapi jenisnya bukan ponton isap produksi (PIP), tapi TI apung biasa dan TI tower,” kata Hanif, Ketua Perwakilan Nelayan dan Masyarakat Belinyu Bersatu.

Ditambahkan Hanif, Pantai Romodong Belinyu merupakan salah satu obyek tujuan wisata yang cukup indah di Kabupaten Bangka dan telah dikenal masyarakat baik di Bangka Belitung maupun di luar. Andi (BB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *