Danpuspomad : Jadilah Penyidik Yang Jujur, Berani, Berintegritas Moral Yang Baik Dan Profesional

TB-Online, Pontianak – Komandan Puspomad, Mayjen TNI Rudi Yulianto menjadi Inspektur Upacara dalam Pengambilan Sumpah 8 Orang Penyidik Pomad di Aula Mapomdam XII/Tanjungpura Pontianak Kalimantan Barat (Rabu, 12/9). Penyumpahan penyidik yang dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari persyaratan formal sesuai bunyi pasal 69 ayat 1 UURI Nomor 31 Tahun 1997 tentang Peradilan Militer, yaitu Penyidik diantaranya pejabat Polisi Militer yang mendapat pelimpahan wewenang dari Panglima TNI selaku Ankum tertinggi untuk melakukan Penyidikan terhadap tindak pidana yang dilakukan prajurit.

Dalam amanatnya Danpuspomad mengingatkan bahwa Penyidik adalah bagian dari Sistem Penegakkan Hukum yang tugasnya membuat terang suatu perkara. “Maka penyidik wajib memiliki integritas moral yang baik, profesional, proporsional serta jujur, berani, tulus dan ikhlas” katanya. Pada kesempatan tersebut dirinya mengingatkan dalam pelaksanaan tugas agar memperhatikan azas-azas kepentingan masyarakat, azas kepentingan individu dan azas kepentingan hukum. “Hindari terjadinya rekayasa dan kekerasan dalam kegiatan penyidikan” tegas Danpuspomad.
Lebih lanjut mantan Danpomdam XII/Tpr tahun 2010 tersebut menekankan untuk menyelesaikan setiap perkara dengan waktu yang cepat, tepat, benar dan adil. ” Ingatlah bahwa kegiatan penyidikan merupakan tindakan represif karena tindakan preventif yang dilakukan tidak dapat mencegah terjadinya tindak pidana, sehingga langkah hukum harus dilakukan, sekaligus sebagai efek jera untuk prajurit yang lain” tandasnya.

Diakhir amanat Mayjen Rudi menekankan kepada para penyidik agar pertanggungjawabkan sumpah jabatan yang telah diucapkan. “Karena tugas penyidik adalah amanah Tuhan YME, kuasai perundang-undangan yang berlaku, hindari kesalahan prosedur dan rekayasa serta lakukan koordinasi dan jalin komunikasi yang baik dan tegas kepada pemangku kepentingan dalam proses penyidikan” pungkasnya.

Turut hadir dalam upacara pengambilan sumpah penyidik Pomad para pejabat yang tergabung dalam komuniti hukum di wilayah Kodam XII/Tpr seperti Aspers Kasdam, Kakumdam, Kabidpropam Polda Kalbar, Kadilmil I-06, Kaotmil I-06, Dansatpomau Lanud Supadio, Dansatpomal Lantamal. Sementara jajaran Puspomad antara lain Dirbincab Puspomad, Dirbinidik Puspomad, Dirbinlidpamfik Puspomad dan Kapen Puspomad. (ad/dd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *