Headline Metropolitan Nasional TNI - POLRI

Saturday, 27 April 2019 - 19:51 WIB

4 months yang lalu

Dandim Kota Depok Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar Mengenalkan Buku Berjudul Margonda Dalam HUT Ke-20 Kota Depok  (Foto: istimewa)

Dandim Kota Depok Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar Mengenalkan Buku Berjudul Margonda Dalam HUT Ke-20 Kota Depok (Foto: istimewa)

Dandim Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar Kenalkan Buku Margonda Dalam HUT Ke-20 Kota Depok

TBOnline (DEPOK) | Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar, memperkenalkan sebuah buku berjudul Margonda, Sabtu (27/04/2019). Buku setebal 68 halaman tersebut dipersembahkan dalam rangka HUT ke-20 Kota Depok.

Dandim Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar (Foto: istimewa)

Dandim mengatakan, dengan diterbitkannya buku berjudul Margonda dapat menginspirasi pemuda di Indonesia, khususnya di Depok. “Buku Margonda mengisahkan tentang sosok pejuang kemerdekaan RI, dimana namanya kini telah diabadikan menjadi ruas jalan utama Kota Depok,” kata Dandim usai mempromosikan buku Margonda pada perayaan HUT ke-20 Kota Depok, Sabtu (27/04/2019).“Awalnya, ketika pertamakali bertugas di Depok, saya secara pribadi tidak mengetahui kalau nama jalan Margonda diambil dari nama seorang pejuang kemerdekaan. Namun dari sanalah semuanya berawal,”tambahnya.

Menurutnya Margonda adalah pemuda yang aktif dalam organisasi, salah satunya adalah Jajasan Obor Pasundan (JOP). Selain sebagai anggota dan pengurus di JOP, Margonda juga aktif berjuang sebagai Pemimpin Angkatan Muda Republik Indonesia (AMRI).

Semarak Perayaan HUT Kota Depok (Foto: Istimewa)

Margonda bersahabat dengan Pemimpin TKR wilayah Bogor, Kapten Muslihat, dan Komandan Batalyon Ujung Tombak TKR Jawa Barat, Ibrahim Adjie, yang keduanya juga diabadikan menjadi nama jalan di Kota Bogor.

Tapi sayang, meski berjasa dalam perjuangan kemerdekaan, makam atau pusara Margonda belum pernah ditemukan. “Buku ini, merupakan sumbangsih kecil yang telah diprakarsai oleh Kodim 0508/Kota Depok untuk warga Indonesia, dan Kota Depok khususnya. Ini sekaligus mengingatkan kembali agar kita selalu mengenang jasa para pahlawan,” kata Dandim.  Andih (*)

Artikel ini telah dibaca 158 kali

Baca Lainnya