Nasional

Selasa, 18 Agustus 2020 - 22:27 WIB

1 bulan yang lalu

Dana BLT Tahap II dan III Tak Kunjung Cair, Warga Desa Ranggi Asam Geruduk Kantor Desa

TBOnline [BANGKA] — Warga Desa Ranggi Asam, Kecamatan Parittiga Jebus, Kabupaten Bangka Barat, pada Kamis [13/08] lalu menggeruduk kantor desa mempertanyakan ihwal pencairan dana BLT tahap dua dan tiga yang belum mereka terima.

“Karena kami mendengar dari pemberitaan dan cerita-cerita di desa dan kabupaten yang lain yang ada di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung pencairan dana BLT tahap III yang terdampak Covid 19 sudah mereka terima, namun di desa kami Ranggi Asam sampai hari ini masih juga belum kami terima,” ungkap seorang warga ketika dijumpai di kantor desa.

Taman Wisata Desa Ranggi Asam yang dialokasikan melalui penyertaan modal ke Bumdes [Foto; Andi Mulya]

Menurut warga ini, kedatangan mereka ke Kantor Desa Ranggi Asam ialah terkait pencairan dana BLT ini.”Karena kami sangat membutuhkan dana tersebut untuk kebutuhan hidup sehari-hari, maka kami mendatangi kantor desa untuk mempertanyakan dana BLT ini,” tambahnya.

Nur’im Kepala Desa Ranggi Asam [Foto; Andi Mulya]

Sekretaris Desa Ranggi Asam, Asnan, yang menemui warga di kantor desa menyampaikan dana BLT tahap II dan III memang belum dibagikan ke warga yang berjumlah kurang lebih 151 kepala keluarga, karena dana pembangunan Desa Ranggi Asam yang 60% telah dicairkan sekitar bulan Februari 2020. “Diperkirakan dana tersebut sekitar Rp530 juta sudah habis terpakai. Karena dari dana tersebut digunakan untuk pancairan dana BLT bagi 151 warga Ranggi Asam yang terdampak Covid 19 masing-masing Rp600 ribu per bulan untuk tiga bulan ke depan. Sekitar Rp96 juta telah dibagikan ke warga untuk BLT tahap satu, dan sekitar Rp50 juta untuk pembayaran kader, TPA dan PAUD yang ada di Desa Ranggi Asam. Selain itu sebanyak Rp350 juta diberikan penyertaan modal ke Bumdes Ranggi Asam untuk pelaksanaan pembangunan Taman Wisata Desa Ranggi,” ulasnya.

Berikut video pernyataan Sekdes Ranggi Asam, Asnan di Kantor Desa Ranggi Asam ;

Oleh sebab itulah, lanjut Asnan, dana BLT tahap II dan III Belum bisa dibagikan ke warga. “Mohon untuk bersabar karena tetap akan kami bagikan, karena pihak desa masih menunggu pencairan dana pembangunan Desa Ranggi Asam yang 40% dari pemerintah pusat. Diperkirakan sekitar Rp350 juta, dan dengan dana itu lah akan kami gunakan untuk pembagian dana BLT tahap II dan III kepada warga masyarakat Ranggi Asam yang terdampak Covid 19,” imbuh Asnan.

Ketika didesak warga, kapan dana Rp350 juta ini cair, Asnan hanya menjawab hal itu tergantung dari pemerintah pusat. Andi Mulya

Artikel ini telah dibaca 524 kali

Baca Lainnya