Berita Polisi

Kamis, 30 Juli 2020 - 07:45 WIB

3 bulan yang lalu

Dalam Dialog Interaktif, Polri Ajak Warga Sukseskan Pilkada Merauke 2020

TBOnline [POLDA PAPUA] — Bertempat di Studio LPP RRI Merauke, Jalan Ahmad Yani, Merauke-Papua, pada Rabu [29/07] telah dilaksanakan kegiatan dialog interaktif dengan tema ‘Kesiapan Pengamanan dan Pemberian Ijin Kegiatan Politik Menjelang Pilkada Tahun 2020’.

Hadir sebagai narasumber dalam dialog interaktif ini Kabag Ops Polres Merauke AKP Erol Sudrajat didampingi Kasat Intelkam Polres Merauke Iptu Budi Santoso.Kabag Ops dalam kesempatannya mengatakan bahwa Polres Merauke telah menyiapkan pengamanan untuk pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Merauke dengan menyiagakan 577 personil yang akan dilibatkan secara langsung dan terdapat pasukan cadangan dari Brimob Merauke sebanyak 100 personil serta Kodim 1707/Merauke sebanyak 100 personil. “Kekuatan kami cukup untuk melaksanakan pengamanan Pilkada Merauke,” tandasnya.

Sementara, Kasat Intelkam Polres Merauke Iptu Budi Santoso, mengungkapkan bahwa pemberian izin politik yang pada intinya menjelang pilkada akan ada kampanye. “Dimasa pamdemi virus corona belum ada petunjuk teknis terkait pelaksanaan kampanye namun kita akan tetap memberikan izin dengan mengacu pada Peraturan Kapolri tentang perizinan dimana dalam masa pandemi ini setiap kegiatan harus dilengkapi dengan surat dari Tim Gugus Tugas Covid –19,” katanya.

Diketahui potensi kerawanan menjelang pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Merauke, salah satunya ialah money politic yang sangat berpotensi memicu konflik di Merauke.

“KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara harus netral apabila tidak netral bisa dilaporkan ke DKPP dan apabila TNI/Polri tidak netral akan dilakukan sidang kode etik, sementara ASN rentan terjadi keberpihakan terhadap Bacalon Bupati dan Wakil Bupati yang notabene dari ASN,” katanya.

Kami mengajak semua warga Merauke agar ciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. “Mari bangun komunikasi dengan pihak penyelenggara KPU dan Bawaslu, para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan para peserta Pemilu”.

Kedepan kita akan laksanakan coffe morning bersama, melaksanakan ibadah bersama, dan akan latihan bersama sehingga tercipta pilkada yang aman, demokratis, damai dan sejuk. “Mari wujudkan Kabupaten Merauke sebagai zona damai dan zona cinta kasih. Polri siap amankan setiap tahapan pilkada bupati dan wakil bupati Kabupaten Merauke tahun 2020, pengamanan tahapan pilkada serentak dimulai pada bulan September sedangkan pencoblosan di TPS pada tanggal 9 Desember 2020”.

Naskah & Foto ; Kombes [Pol] Ahmad Musthofa Kamal [Kabid Humas Polda Papua]  

Editor : Redaksi TBO

Artikel ini telah dibaca 107 kali

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A
Baca Lainnya