Headline Metropolitan Nasional

Kamis, 21 Mei 2020 - 17:14 WIB

2 minggu yang lalu

Ciputra Artpreneur Salurkan Donasi Bagi Penggiat Seni Terdampak Covid-19

TBOnline [JAKARTA] — Ciputra Artpreneur Jakarta menginisiasi kegiatan sosial #BersamaBantuSesama yakni sebuah program donasi dan bantuan yang diperuntukkan bagi para pekerja seni serta pekerja harian lepas yang terkena imbas pandemi Covid-19. Program #BersamaBantuSesama ini direalisasikan dengan memberikan bantuan awal 1.000 paket kebutuhan pokok kepada para pekerja seni dan pekerja harian lepas yang dilaksanakan secara simbolis di Jakarta, Senin [18 Mei 2020).

Program #BersamaBantuSesama yang digaungkan sejak awal April 2020 lalu merupakan sebuah kolaborasi antara Grup Ciputra, Teater Koma, Teater Keliling, Teater Gandrik, Bumi Purnati Indonesia, TEMAN, CCAI, Aku Anak Rusun, Titimangsa Foundation, Jakarta Move-in, Twilite Orchestra, The Resonanz, dan Purwacaraka Music Studio, dan didukung +Jakarta, platform kolaborasi dari Pemerintah DKI Jakarta.

Menurut Presiden Direktur Ciputra Artpreneur Jakarta, Rina Ciputra Sastrawinata, pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia dan lebih dari 210 negara telah mengakibatkan dampak yang cukup fatal di berbagai sektor kehidupan, termasuk bidang seni dan budaya. Di bidang seni dan budaya ini, elemen yang terkena imbas yakni para penggiat seni, dengan melihat fakta bahwa berbagai pertunjukan seni dan budaya di Indonesia saat ini tidak digelar untuk sementara waktu.

Para penggiat seni didefinisikan sebagai para kru dan pekerja harian lepas yang turut aktif mendukung kegiatan seni, budaya, dan industri kreatif di Indonesia.

Rina menyampaikan keprihatinannya terhadap para penggiat seni tanah air yang terimbas dampak pandemi Covid-19. “Berangkat dari keprihatinan itu, maka kami mengampanyekan kegiatan donasi sosial #BersamaBantuSesama, dengan tujuan membantu para penggiat seni melewati masa-masa sulit. Kami mewakili Ciputra Artpreneur menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang turut aktif membantu terlaksananya program ini, dan juga tak lupa kepada semua donatur yang menyumbang. Semoga semua kebaikan dan aksi mulia ini mendapat berkah dan balasan dari tuhan,” demikian disampaikan Rina.

Sampai saat ini, lanjut Rina, program donasi sosial #BersamaBantuSesama untuk awalnya akan direalisasikan dalam bentuk penyaluran 1.000 paket kebutuhan sembako. Namun mengingat kegiatan donasi masih terus berjalan sampai sekarang, tidak menutup kemungkinan bahwa skala dan kuantitas penyaluran donasi akan bertambah. “Beberapa hal yang perlu disampaikan bahwa donasi ini disalurkan ke penggiat seni di seluruh wilayah tanah air, tidak hanya di Jabodetabek saja. Pendataan para penerima donasi ini juga melibatkan berbagai pihak karena program ini juga merupakan sebuah kolaborasi dengan lembaga-lembaga lain yang punya kompetensi di bidang seni, budaya, dan industri kreatif,” kata Rina.

Sebagai penutup, ia menginformasikan bahwa aksi donasi #BersamaBantuSesama masih terus berjalan sampai sekarang dan dapat dilakukan dengan sejumlah cara, antara lain melalui Virtual Account BCA atas nama Cip Art Peduli Kasih 04108 889 889 atau secara detail bisa dilihat pada akun media sosial Ciputra Artpreneur Jakarta [[email protected], Facebook @CiputraArtpreneur, dan Twitter @artpreneur] melalui scan QRis menggunakan akun GoPay, OVO, Dana, LinkAja dan berbagai e-wallet lainnya.

Tentang Ciputra Artpreneur Jakarta

Ciputra Artpreneur yang berlokasi di Ciputra World 1 Jakarta, Kuningan memiliki theater berstandar internasional dengan kapasitas 1.157 kursi, dan Multi-Function Hall yang dapat mengakomodasi tamu hingga 2.000 orang, yang dapat digunakan untuk berbagai acara seperti pameran, talkshow, workshop, peluncuran produk, gala dinner, konser, fashion show, acara korporasi, pernikahan, hingga pertunjukan seni dan theater. Selain itu, juga memiliki Museum yang menampilkan karya Hendra Gunawan koleksi pribadi dari almarhum Dr. (HC) Ir. Ciputra.

Ciputra Artpreneur bertujuan untuk mengembangkan industri kreatif Indonesia melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan berbasis seni dan budaya dengan cakupan yang luas dari seni rupa, seni kriya dan desain, arsitektur, seni pertunjukan, serta seni musik.

Ciputra Artpreneur Gallery

Sebuah multi-function hall seluas 1.500 meter persegi berkapasitas hingga 2.000 orang, dilengkapi dengan fasilitas layar proyeksi yang memenangkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk sistem proyeksi audio visual terpanjang di Indonesia berukuran 60 x 12 meter. Keunggulan lainnya yang dimiliki Ciputra Artpreneur Gallery adalah adanya pemandangan Kota Jakarta. Beberapa acara yang pernah diselenggarakan adalah UOB Painting of The Year, Fashion Show Sebastian Gunawan, Launching Google Android, pameran, seminar, pernikahan, dan corporate events.

Ciputra Artpreneur Museum

Ciputra Artpreneur Museum pertama kalinya menampilkan karya terbesar maestro pelukis Hendra Gunawan yang merupakan koleksi pribadi almarhum Dr. (HC) Ir. Ciputra. Pendirian Museum Ciputra Artpreneur berawal dari persahabatan yang erat antara almarhum Ir. Ciputra dengan pelukis Hendra Gunawan. Saat ini terdapat 32 lukisan dan 18 sketsa Hendra Gunawan yang dipamerkan di museum.

Ciputra Artpreneur Theater

Salah satu theater di Indonesia yang berstandar internasional dengan kapasitas 1.157 kursi. Theater ini dilengkapi dengan sound system terbaik dari Meyer MICA, serta memiliki kualitas tata pencahayaan, suara, dan akustik yang berstandar internasional. Ciputra Artpreneur Theater telah menyelenggarakan pertunjukan Broadway pertama di Indonesia seperti Beauty and The Beast, dan pertunjukan lain seperti Shrek The Musical, Annie, Vienna Boys Choir, dan Shaolin Warriors.

Penghargaan

  • Gold Winner dalam ajang penghargaan FIABCI Prix d’Exellence Award 2016.
  • 2 Penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yaitu: Galeri pameran dengan layar proyeksi terbesar, dan Theater pertunjukkan di lantai tertinggi (terletak di lantai 13).
  • Gold Winner dalam ajang penghargaan REI (Real Estate Indonesia) Property Awards 2016 Kategori Purpose Build.
  • The Innovative Property Public Facility dalam ajang penghargaan Properti Indonesia Award 2017

Sumber; Siaran Pers Ciputra Artpreneur

 

Artikel ini telah dibaca 60 kali

Baca Lainnya