Desa Kita Nasional

Sabtu, 21 Desember 2019 - 13:00 WIB

3 bulan yang lalu

Camat Cidahu Berikan Arahan Saat Sertijab 3 Kades dan TP PKK

TBOnline [SUKABUMI] — Camat Cidahu Ading Ismail, menyampaikan amanat kepada 3 kepala desa terpilih di wilayahnya yang baru saja melaksanakan sertijab, Jum’at [20/12] di Aula Kantor Kecamatan Cidahu. Ketiga Kades beserta TP PKK tersebut masing-masing: Kades Cidahu Asep Saepul Parlan, Kades Pasir Doton Baesuni dan Kades Giri Jaya Dindin Saripudin.

Camat menyampaikan dengan ditandatanganinya pakta integritas, maka pengelolaan pemerintahan yang ada di desa masing-masing harus menggunakan prinsip tranparansi dalam pengunaan anggaran. Selain itu partisipasi gotong royong masyarakat juga harus ditingkatkan termasuk membangun sinergitas antara lembaga yang ada di desa masing-masing. “Pemerintah desa harus mampu menggali potensi untuk menggerakan masyarakat nya agar lebih maju,” katanya.

Kalau desa itu mau lebih maju dan berhasil, lanjut Camat Cidahu, maka harus didukung dengan pemerintahan yang baik, dengan prinsip terbuka dalam pengelolaan anggaran, tranparansi, serta akuntabilitas yang bisa dipertanggungjawaban. Termasuk bagaimana menggerakan parsitipasi masyarakat untuk ikut serta dalam pembangungan.

Selain itu, dunia usaha juga diharapkan untuk tidak berpangku tangan, tapi harus ikut membantu usaha dan pembangunan yang ada di daerah desa masing-masing.

Camat Ading Ismali dalam kesempatan ini juga menyoroti masalah reshuffle [perombakan] pemerintahan desa, dengan melakukan warning sewaktu pembekalan. “Agar jangan mudah untuk merombak cabinet, karena itu bisa menyulitkan sendiri, kemudian jangan bertentangan dengan aturan,

karena sebelum 6 bulan jangan mereshuffle perangkat desa,” katanya.  Joy & Gun

 

Artikel ini telah dibaca 220 kali

Baca Lainnya