Headline Nasional

Minggu, 11 Februari 2018 - 23:58 WIB

3 tahun yang lalu

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri saat memberi vitamin A pada salah seorang belita di  Posyandu Mawar, Kecamatan Wawo. foto/  Sirat

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri saat memberi vitamin A pada salah seorang belita di Posyandu Mawar, Kecamatan Wawo. foto/ Sirat

Bupati Bima Kunjungi Posyandu “Gizi Anak Harus Terpenuhi”

TB-Online, BIMA – Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri melakukan kunjungan ke Posyandu Mawar, Kecamatan Wawo. Orang nomor satu di Kabupaten Bima itu melihat langsung pelayanan balita, anak dan pemeriksaan ibu hamil.

Kegiatan itu diikuti Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dan jajaranya kemarin, Bupati Bima juga mengatakan, gizi anak dan kesehatan ibu hamil sangat penting, jangan sampai ada kasus kejadian luar biasa (KLB), Seperti gizi buruk dan gizi kurang.

Gizi anak harus diperhatikan dan harus terpenuhi, ungkapnya saat memberikan sambutan.

Dia meminta, petugas posyandu bisa mendeteksi lebih dini setiap ada masalah pada ibu hamil dan bayi. Karena itu, pelayanan bagi ibu hamil dan bayi sangat penting ditingkatkan dan maksimal.

Ibu hamil dan orang tua bayi harus punya kesadaran juga. Setiap didatangin petugas harus diterima dengan baik, jangan sampai petugas bersusah-susah membujuk, tuturnya.

Ibu dua orang anak ini menjelaskan, orang tua merupakan benteng utama keselamatan generasi bangsa, jadi peran orang tua sagat penting. Dia meminta, orang tua bayi dan ibu hamil harus bisa memanfaatkan setiap fasilitas kesehatan yang telah disediakan, jadi jangan sia-siakan, Jangan tunggu anak sakit atau masalah, baru melakukan pemeriksaan, ujarnya.

Istri mendiang mantan Bupati Bima H Ferry Zulkarnain ini juga mengiatkan pentingnya keseimbangan gizi, Petugas posyandu harus bisa memberikan pemahaman kepada para ibu-ibu terkait asupan makanan yang baik buat anak-anak.

Kita tidak ingin ada kasus KLB, Jadi ini penting untuk diketahui, tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Dr Ganis Kristanto mengaku, pemeriksaan posyandu selalu rutin dilakukan dua kali setiap tahunnya, jadwal pemeriksaan digelar setiap bulan Febuari dan bulan Agustus.

Kali ini kita periksa 100 balita dan ibu hamil untuk anak memberikan vitamin A, sebutnya.

Selain balita dan ibu hamil, pemeriksaan kesehatan juga dilakukan pada lansia, mereka dicek kesehatan dan diberi obat-obatan, kita layani juga bagi orang tua lanjut usia, pungkasnya. /Sirat

Artikel ini telah dibaca 457 kali

Jangan Lupa Tanggal 9 Desember 2020, Pilih Pasangan AMAN nomor 1 ( Adjo – Iman )
Baca Lainnya