Nasional Pariwara

Rabu, 22 Juli 2020 - 09:34 WIB

2 bulan yang lalu

BPKAD Dukung Penanganan Covid -19 di Kabupaten Bogor

TBOnline [BPKAD KABUPATEN BOGOR] – Pandemi Covid-19 saat ini membuat tatanan kehidupan berubah termasuk tatanan kerja. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah [BPKAD] Kabupaten Bogor dalam hal ini merupakan salah satu perangkat daerah yang mengelola pelayanan dimana objek pelayanan tersebut adalah para organisasi perangkat daerah baik dinas maupun kecamatan serta masyarakat / organisasi yang berkaitan dengan hibah dan bantuan sosial yang datang untuk berkosultasi dan berkoordinasi berkaitan dengan penatausahaan keuangan daerah.

Karena hal tersebut, maka BPKAD menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya melindungi seluruh komponen pegawai BPKAD maupun unsur luar dari wabah Covid-19. Ikhtiar ini berupa pemasangan objek-objek terkait dengan protokol kesehatan.

Beberapa komponen pendukung penanganan covid-19 seperti:

  1. Mewajibkan penggunaan masker bagi seluruh pegawai dan tamu BPKAD
  2. Pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh tamu
  3. Pengadaan hand sanitizer
  4. Penyediaan tempat cuci tangan di area parkir
  5. Pengkondisian social distancing seperti tempat duduk tamu yang diberi tanda untuk jarak duduk dan penyekatan loket
  6. Penyiapan tempat penerimaan tamu, sehingga mengurangi interaksi langsung antara pegawai dengan pihak lain
  7. Pembatasan jumlah tamu maksimal 2 [dua] orang per tiap kunjungan dengan waktu maksimal 15 [lima belas] menit

Hal ini sebagai bentuk dukungan penuh terhadap penanganan Covid-19 di Kabupaten Bogor. BPKAD juga telah menyelenggarakan rapid test pada hari Rabu, 24 Juni 2020 yang diikuti oleh semua unsur BPKAD mulai dari struktural sampai dengan penjaga keamanan dan office boy.

Jumlah peserta 150 orang dan hasilnya adalah non reactive. Hasil ini membuat semua elemen BPKAD lebih optimis dalam penanggulangan Covid, menunjukan bahwa semua pegawai BPKAD dalam keadaan sehat untuk melaksanakan tugas.

Semua elemen BPKAD sangat mendukung penanganan Covid-19 dan dipertegas dengan pembentukan Tim Gugus Covid-19 lingkup BPKAD sebagai implementasi Keppres Nomor: 9 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang telah di SK kan oleh kepala badan dengan nomor 188.45/2802/VI-BPKAD Tentang Pembentukan Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Tingkat BPKAD Kabupaten Bogor yang ditembuskan kepada Sekda Kabupaten Bogor sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor. Tim gugus penanganan Covid-19 di BPKAD mempunyai tugas diantaranya yaitu:

  • Menetapkan rencana operasional percepatan pencegahan Covid-19 di lingkup BPKAD
  • Mengkoordinasikan dan mengendalikan percepatan pencegahan Covid-19 di lingkungan BPKAD
  • Melakukan pengawasan percepatan pencegahan Covid-19 di lingkungan BPKAD
  • Mengerahkan sumber daya untuk percepatan pencegahan Covid-19 di lingkungan BPKAD
  • Melaporkan pelaksanaan percepatan pencegahan Covid-19 di lingkungan BPKAD

Untuk hal tersebut, diharapkan BPKAD menjadi salah satu elemen penting sebagai pendukung penanganan Covid-19 di Kabupaten Bogor. Karena, apabila aparatur sehat maka pelayanan akan berjalan dengan baik. Dan dapat mencapai tujuan dan sasaran pembangunan daerah.

Misi Ke 3 yaitu “Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Daerah Yang Baik” dengan sasaran: Kualitas pelayanan publik meningkat, Tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan efektif.

Advertorial BPKAD Kabupaten Bogor

Editor : Pencus M. Hutabarat

 

 

Artikel ini telah dibaca 216 kali

Baca Lainnya