Jangan Lupa Tanggal 9 Desember 2020 Coblos Nomor 1 Adjo Sardjono – Iman Adinugraha

Headline Nasional

Kamis, 22 Maret 2018 - 23:29 WIB

3 tahun yang lalu

Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan M Noer membuka acara Musrembang tingkat Kabupaten Bima

Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan M Noer membuka acara Musrembang tingkat Kabupaten Bima

Bima RAMAH Jadi Arah Musrenbang

TB-Online, Bima

Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M Noer membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Kabupaten Bima di Aula Poltek Vokasi Unram di Sondosia. Dalam kesempatan ini, Dahlan mengatakan Musrenbang merupakan bagian dari sistem perencanaan nasional. Di forum itu seluruh aspirasi masyarakat dibahas dan ditampung. Karenanya, kata Dahlan masa depan Kabupaten Bima ditentukan dari hasil Musrembang tersebut. ‘’Saya ingin di Musrembang ini jelas substansi pembahasannya. Kepentingan rakyat tentu menjadi yang utama. Sebab, Musrembang adalah penentu masa depan daerah ini,’’ ujarnya, kemarin.

Kata dia, Musrenbang tersebut dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Bima tahun 2019. Disini akan dimantapkan atau padu serasi usulan kecamatan dengan rencana kerja OPD serta hasil reses DPRD. ‘’Disini semua disatupadukan, sehingga pembangunan daerah terarah,’’ ujarnya.

Menurutnya, pada Musrembang itu tidak hanya memadukan aspirasi DPRD, Kecamatan dan OPD tingkat daerah. Tapi daerah juga wajib mensinkronisasikan program-program yang dicanangkan pemerintah pusat. ‘’Ini juga yang penting diperhatikan. Daerah dan pusat tidak boleh tumpang tindih dalam perencanaan kerja. Program  Nawacita pemerintah pusat harus terakomodir,’’ terangnya.

Dahlan mengaku, sejauh ini perjalanan pemerintahannya berjalan cukup positif. Perkembangan ekonomi di Kabupaten Bima secara umum tumbuh cukup baik. Dimana pertumbuhan riil rata-rata tahun 2012 sampai 2016 sebesar 5,68 persen. ‘’Pertumbuhan ini ditunjangi semua faktor. Terutama disektor pertanian dan perdagangan,’’ ujarnya.

Dia menjelaskan, sektor pertanian kontribusinya cukup besar sekitar 44 persen dengan pertumbuhan rata-rata 4,39 persen. Sementara sektor perdagangan berkontribusi sebesar 15,48 persen.‘’Jadi bisa diperkirakan di tahun 2019 ekonomi kita bisa jauh meningkat,’’ sebutnya.

Dahlan mengaku, di tahun 2019 banyak hal yang dapat menunjangan pertumbuhan ekonomi sehingga lebih baik. Seperti peluang investasi semakin baik, dan di tahun 2018 ini promosi wisata sangat ditingkatkan. ‘’Kita juga akan menggelar sejumlah even-even nasional. Even ini bisa menunjang promosi wisata daerah,’’ terangnya.

Dahlan juga berharap, di Musrembang tersebut OPD bisa menyesuaikan arah pembangunan daerah dengan Visi Bima Ramah (Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal). ‘’Visi Ramah tetap menjadi pijakan kita membangun Bima. Memang ini butuh perjuangan yang keras, dan saya yakin semua pasti bisa diwujudkan,’’ pungkasnya.

Sirat

Artikel ini telah dibaca 611 kali

Baca Lainnya