BIMA HARUS BEBAS SAMPAH

0
238
Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan saat mengambil sumpah jabatan Kepala DLH Kabupaten Bima, Ir Rendra Farid di ruang Rapat Bupati Bima. Foto sirat

TB-Online, BIMA – Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan M Noer melantik dan mengambil sumpah jabatan, Ir Rendra Farid sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bima. Pelantikan ini berdasarkan SK Bupati Bima berlangsung di ruang rapat bupati, Kamis (8/2). Baba Leo begitu sapaan Wakil Bupati Bima mengatakan, setiap jabatan yang dipegang merupakan kepercayaan, Jadi harus bisa dijaga dan dijalankan dengan baik.

“Jabatan Itu Amanah” ujarnya usai melantik Ir Indra Farid yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Bima. Menurutnya, jabatan sebagai kepala DLH tidaklan mudah, namun dirinya meyakini jika Ir Rendra bisa menjalankan tugas dengan baik, terutama persoalan sampah yang ada disejumlah wilayah di Kabupaten Bima, “Sampah adalah problem utama, masalah sampah ini sudah kompleks dan belum terurai dengan baik”, Ungkapnya.

Dia berharap, di tangan Ir Rendra persoalan sampah bisa teratasi dengan cepat. Karena itu, kadis baru harus segera menyiapkan gebrakan sehingga Kabupaten Bima bebas dari sampah. Kita ingin ada solusi dan formula penanganan sampah, sampah harus dibersihkan dari hulu, Kita ingin lingkungan hidup dijadikan sebagai gerakan bukan program,ujarnya.

Strateginya sambung Baba Leo, kedepan penanganan sampah harus mengoptimalkan fungsi kontrol dilapangan, Kepala DLH harus bisa membentuk “Patrol Ways” dengan melibatkan Sat Pol PP untuk peninjauan lapangan, cara ini untuk memastikan tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarang tempat, tegasnya.

Wabub mengaku, mengatasi masalah sampah tidak hanya sebatas menyiapkan ruang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, tetapi penanganannya harus dibarengi dengan sistem kerja yang baik.

“Kita harus bisa menemukan sistem kerja yang baik. Kerja yang buruk harus diubah dengan yang baik”, Ungkapnya.

Dia berharap, kepala DLH baru bisa segera beradaptasi dengan lingkungan baru, Kemudian melakukan action agar bisa mewujudkan Kabupaten Bima yang bersih dari sampah. – Sirat

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of