Nasional

Rabu, 9 Desember 2020 - 16:34 WIB

3 bulan yang lalu

Beda Penjelasan Disdik Dengan BPKAD Terkait Anggaran PKBM, FK LSM Lebak Siap Lapor APH

TBOnline [LEBAK] — Kecurigaan Forum Komunikasi LSM (FK-LSM) Kabupaten Lebak terkait Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) dalam anggaran penyelenggaraan pendidikan kesetaraan (Paket) pada Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Kabupaten Lebak Tahun Anggaran 2019, terbukti dalam audiensi yang digelar di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKAD) Kabupaten Lebak, Senin (07/12/2020).“Sebelumnya, kami pernah beraudiensi dengan Bidang Pendidikan Non Formal, Dindikbud Lebak, terkait adanya ketidaksinkronan data PKBM, dimana dalam pelaporannya terdapat perbedaan jumlah PKBM di anggaran murni dan perubahan, dan adanya SiLPA dana PKBM. Alasan Dindikbud Lebak ada pengalihan anggaran, ternyata setelah kita audiensi di BPKAD, kan tidak ada SiLPA. Lalu kemana anggarannya,” tukas Yayat Ruyatna Ketua FK LSM Lebak, usai audiensi.

Menurut Yatna, dalam waktu dekat pihaknya akan melaporkan permasalahan ini kepada aparat penegak hukum, guna membuktikan penjelasan yang disampaikan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Lebak.“Hasil kajian sudah kami persiapkan. Semua penjelasan, baik dari Dinas Pendidikan, BPKAD, dan Pengelola PKBM  sudah kami rekap. Mudah-mudahan dalam waktu dekat berkasnya kami serahkan kepada APH,” terang Yatna.

Sementara Irawan, Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak dalam audiensi menjelaskan, terdapat beberapa PKBM yang mendapatkan penambahan anggaran pada anggaran perubahan.

“Perubahan anggaran PKBM Tahun 2019, terjadi pada bulan Oktober di anggaran perubahan, dan kita mengusulkannya sesuai data usulan hasil verifikasi Dapodik dari masing-masing PKBM,” kilahnya. Suud

Artikel ini telah dibaca 454 kali

Baca Lainnya