Headline Nasional Polres Bangka Barat

Thursday, 9 August 2018 - 19:41 WIB

1 year yang lalu

Bangunan SD di Tanjung Raja Sakti Memprihatinkan

TB- Online, Way Kanan -Berdinding kayu dan hanya beralas tanah, beginilah kondisi alakadarnya sebuah bangunan sekolah dasar di Kabupaten Way Kanan, Lampung.

Melingkari tanah lapang yang berlokasi di Tanjung Raja Sakti, Kecamatan Blambangan Umpu, semangat siswa siswi SD 1 Filial ini tak surut dalam menuntut ilmu, meski sarana dan prasarana sekolah sangat minim dan memprihatinkan.
Tokoh masyarakat setempat yang dijumpai Target Buser menjelaskan bangunan SD 1 Filial Tanjung Raja Sakti ini sudah ada semenjak tahun 1982. “Sudah 30 an tahun lebih,” sebutnya.

Muhlisin (Kepala Sekolah)

Sementara itu Kepala Sekolah, Muhlisin menerangkan pihaknya sudah beberapa kali mengajukan permohonan bantuan untuk meningkatkan kualitas bangunan SD Filial Tanjung Raja Sakti ini. Namun hingga kini belum ada realisasi. “Sudah 2 kali mengajukan permohonan ke dinas pendidikan,” katanya. Lebih lanjut Kasek Muhlisin menjelaskan bahwa pengabdian yang dilakukannya bersama para guru di SD 1 Filial, Tanjung Raja Sakti ini merupakan kewajiban sekaligus ibadah. “Karena memang niatnya untuk memajukan dunia pendidikan, khususnya bagi anak-anak Tanjung Raja Sakti. Jadi meski dengan kondisi ruangan sekolah yang seadanya, namun semangat belajar dan menuntut ilmu tidak boleh luntur. Ini prinsip,” tegasnya.

Gedung SD 1 Filial Tanjung Raja Sakti – Way Kanan – Lampung

Diketahui ruangan SD 1 Filial Tanjung Raja Sakti ini terbagi menjadi 2 dengan jarak yang cukup berjauhan, hal ini untuk memudahkan pelayanan bagi murid yang tinggal dipelosok kampung “Jumlah seluruh siswa ada 111 anak, satu tempat untuk 85 siswa dan satu ruangan lagi diisi 26 orang. Adapun jumlah seluruh pengajar atau guru ada 6 orang,” terang Muhlisin. (Tayib)

Artikel ini telah dibaca 815 kali

Baca Lainnya