Kabupaten Sukabumi

Selasa, 9 Agustus 2022 - 14:32 WIB

2 bulan yang lalu

Bagaimana Mekanisme Lelang Kandis, Begini Kata Kabid Aset Herdiawan Waryadi

TBOnline, SUKABUMI ¤ Lelang kendaraan dinas (kandis) merujuk pada Permendagri No. 19 Tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah, terdapat dalam pasal penjualan terkait aturan baku lelang barang milik negara.

“Bahwa dalam pasal penjualan menjelaskan mekanisme proses lelang, seperti unit mobil dinas yang dilelangkan harus berusia 7 tahun pemakaian, itu pun pihak SKPD yang mengajukan permohonan usulan lelang kepada kepala daerah, yang nantinya masuk ke kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang (KPKNL) di bawah Kementerian Keuangan,” tutur Herdiawan Waryadi, Kepala Bidang Aset BPKAD Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, kata Herdi, secara teknis lelang terbuka untuk umum dan peserta lelang bisa langsung mengecek ke website di alamat lelang.co.id.

“Cara nya mudah, bikin akun bisa masuk secara online dan sifatnya bisa perorangan atau perusahaan dan masuk pada proses lelang,” tambah Herdi.

Adapun terkait teknis proses lelang, kabid aset menjelaskan ketika masuk proses lelang dan pemenang lelang biasanya menyetorkan uang pembayaran unit ke kas umum daerah.

“Perlu dicatat proses lelang kali ini berbeda seperti dulu, tidak ada istilah dum perorangan, karena rawan terjadi kerugian negara. Ada pun terkait harga, biasanya disesuaikan dengan harga showroom mobil di pasaran umum”. Herdi Suherdi

Artikel ini telah dibaca 172 kali

Baca Lainnya