Headline Nasional

Monday, 21 October 2019 - 03:28 WIB

4 weeks yang lalu

Proyek dinding penahan tanah [TPT] Bantarkuning - Sirnasari yang diduga korup [Foto: PM Hutabarat]

Proyek dinding penahan tanah [TPT] Bantarkuning - Sirnasari yang diduga korup [Foto: PM Hutabarat]

Aroma Korup Proyek TPT Bantarkuning-Sirnasari, Pejabat PPK Enggan Menanggapi [Bagian Ketiga]

TBOnline [BOGOR] – Andre, salah satu pejabat pembuat komitmen [PPK] pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang [DPUPR] Kabupaten Bogor, dalam proyek pembuatan dinding penahan tanah [TPT] pada ruas jalan Bantarkuning – Sirnasari senilai Rp 869.200.000 yang ditengarai ikut berperan dalam dugaan penyusutan kualitas dan kuantitas material proyek TPT di Kecamatan Tanjungsari ini, hingga kini enggan buka suara dan memberikan klarifikasi.

Andre, salah satu pejabat PUPR Kabupaten Bogor saat dijumpai, Kamis [12/9/2019] lalu [Foto: Pencus Hutabarat]

Dikonfirmasi TBO lewat pesan WhatssApp pada Minggu [20/10/2019] terkait perubahan dokumen serta keseluruhan spesifikasi proyek TPT ini, Andre tak juga bergeming alias No Coment.

Sebelumnya pada Kamis [12/9/2019] lalu, Andre bersama salah satu kolega nya sempat memberikan klarifikasi kepada TBO melalui Kabiro Pencus Hutabarat di ruang rapat PJJ DPUPR, kala itu Andre menyanggah dan menjelaskan bahwa terdapat perubahan dokumen serta keseluruhan spesifikasi dalam proyek TPT ini. “RAB [Rincian Anggaran Biaya] pada proyek ini sudah diganti, bahkan terdapat perubahan lokasi dan spesifikasi pekerjaannya,” ujarnya. Bahkan salah satu kolega Andre yang ikut dalam pertemuan tersebut, DBY meyakinkan bahwa RAB lama sudah tidak terpakai. “Kalau RAB yang lama yang dipakai sudah jelas salah,” yakinnya.

Sayang hingga kini, baik Andre maupun DBY tidak pernah menunjukan dokumen perubahan yang dimaksud sebagai data pembanding.

Diketahui, paket pekerjaan pembuatan dinding penahan tanah [TPT] pada ruas jalan Bantarkuning – Sirnasari di Kecamatan Tanjungsari dengan pagu senilai Rp 869.200.000 yang dibiayai APBD Kabupaten Bogor TA 2017 ditengarai tidak sesuai spesifikasi.

Proyek dengan kode lelang: 5793601 ini dalam pengerjaannya diduga terdapat ketidaksesuaian antara kualitas material dengan RAB yang terdapat dalam dokumen lelang DPUPR Kabupaten Bogor. Red ***

[ikuti investigasi Biro Target Buser Bogor Selanjutnya]

 

Artikel ini telah dibaca 690 kali

Baca Lainnya